Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 5 / No. 2 / Published : 2016-02

TOC : 10, and page :19 - 20

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengembangan modal sosial pada komunitas virtual “lendabook”

Author :

  1. Ika Fitri Ningrum*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini berfokus pada fenomena yang terjadi baru-baru ini di Indonesia, yaitu terdapat jejaring sosial online yang mewadahi pinjam meminjam buku antar anggota komunitasnya yaitu jejaring sosial Lendabook. Peneliti menggunakan konsep modal sosial dari Jousairi Hasbullah untuk mengambarkan bagaimana komunitas Lendabook dapat megembangkan modal sosial dalam jejaring sosialnya. Metode pengambilan sampel menggunakan ego centered network dengan jumlah sampel sebanyak 86 pengguna. Modal sosial dalam penelitian ini digambarkan melalui partisipasi pengguna dalam jaringan, kepercayaan, resiprositas, norma sosial, nilai dan tindakan proaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan partisipasi pengguna di dalam jejaring sosial Lendabook tergolong aktif saat berpartisipasi, hal ini digambarkan melalui frekuensi pengguna mengakses jaringan serta aktivitas pengguna di jaringan Lendabook. Kepercayaan antar pengguna dapat digambarkan melalui terjalinnya kerjasama serta ragam alasan pengguna dalam beraktivitas di jejaring sosial Lendabook.  Resiprositas pengguna digambarkan melalui bantuan yang diberikan oleh pengguna lain serta manfaat yang diperolehnya. Untuk norma-norma yang dijalankan digambarkan melalui ragam cara yang dilakukan antar pengguna untuk saling menjaga hubungan baik, yakni dengan menjaga privasi, menghargai pendapat pengguna lain serta tidak menyinggung pengguna lain. Kemudian untuk nilai-nilai yang dianut pengguna, digambarkan melalui kemampuan pengguna saat berjejaring, penggunaan identitas pengguna, serta capaian yang diperoleh pengguna setelah bergabung di jejaring sosial Lendabook. Selain itu, tindakan proaktif pengguna digambarkan melalui penyampaian ide baru yang berguna untuk pengembangan komunitas tersebut.    

Keyword :

Modal Sosial, Jejaring Sosial, Komunitas Virtual, Lendabook,


References :

  1. Sugiarto, G., Suryanto, (2014). Peran kearifan lokal sebagai modal sosial dalam penyelesaian konflik nelayan di daerah kabupaten situbondo. - : Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial.
  2. Nahapiet, Janine, Ghoshal, (1998). Social capital, intellectual capital, and the organizational advantage. - : Academy of management review. 23.2(242-266).


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 2 / Pub. : 2016-02
  1. Gambaran perilaku dan gaya hidup masyarakat kota surabaya dalam memanfaatkan perpustakaan kafe (library café)
  2. Perilaku penemuan informasi kesehatan keluarga penderita kanker
  3. Perilaku penemuan informasi informasi dikalangan penderita kanker
  4. Perilaku pemanfaatan taman bacaan masyarakat (tbm) dalam meningkatkan literasi masyarakat kota surabaya
  5. Perilaku penemuan dan pemanfaatan informasi di kalangan hacker*
  6. Konstruksi sosial masyarakat mengenai perpustakaan desa di surabaya
  7. Kemampuan literasi media (media literacy) di kalangan remaja rural di kabupaten lamongan
  8. Makna membaca karya sastra lama (studi tentang produksi dan reproduksi makna membaca karya sastra lama di kalangan anak muda urban dalam organisasi mahasiswa ekstra kampus
  9. Subkultur anak muda hacker di dunia maya
  10. Pengembangan modal sosial pada komunitas virtual “lendabook”
  11. Gambaran faktor dalam memotivasi kerja pegawai perpustakaan sekolah pada sma negeri di surabaya
  12. Makna pengelola naskah kuno dalam budaya jawa di museum radya pustaka, perpustakaan rekso pustaka pura mangkunegaran, perpustakaan puro pakualaman, perpustakaan widya budaya keraton yogyakarta
  13. Pemanfaatan internet di kalangan uk mapanza unair dalam mengakses informasi reproduksi sehat
  14. Makna museum bagi para pengunjung (studi fenomenologi tentang makna museum bagi para pengunjung museum di wilayah surabaya)
  15. Tingkat kepercayaan terhadap sebuah website (studi deskriptif kepercayaan pengguna website winpoin.com dengan menggunakan online trust)