Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-01

TOC : 16, and page :31 - 32

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Peran guru slb negeri gedangan dalam menumbuhkan kemampuan literasi informasi siswa disabilitas

Author :

  1. Bayu Oktavianto*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Lit erasi Informasi berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mendapatkan suatuinformasi. Kemampuan inilah yang menentukan kualitas dari informasi yang didapat orangtersebut, tidak terkecuali siswa disabilitas. Peran guru sebagai pembimbing, pendidik,maupun pengajar diharapkan bisa patuh terhadap skenario, mampu memenuhi tugas atauperannya sesuai dengan tuntutan masyarakat karena guru merupakan salah satu posisi didalam masyarakat yang tugasnya adalah untuk menambah wawasan dan informasi anakdidiknya. Untuk menumbuhkan kemampuan literasi anak didiknya, para guru juga harusmengerti, memahami dan bisa menerapkan kemampuan literasi terlebih dahulu. Penelitian inimenggambarkan tentang peran guru di SLB Negeri Gedangan dalam menumbuhkankemampuan literasi informasi siswa disabilitas. Penelit ian ini juga ingin mengetahu ibagaimana kemampuan literasi informasi para guru di SLB Negeri Gedangan denganmenggunakan The Big6 Skills. Pendekatan yang digunakan adalah kuant itatif dengan t ipedeskriptif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Langkah pengambilansampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh dan pengumpulan data menggunakanku isioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran para guru di SLB Negeri Gedanganterlihat sudah dapat memenuhi faktor-faktor peran, seperti guru sebagai motivator, gurusebagai mediator, guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai evaluator. Para guru mampumenerapkan dan memahami tahap definisi tugas, tahap strategi penemuan informasi, tahaplokasi dan akses, tahap penggunaan informasi, tahap sintesis informasi, dan tahap evaluasihasil dari The Big6 Skills. 

Keyword :

Peran guru, literasi informasi , disabilitas , the big6 skill,


References :

  1. Widiyasari, Nurul, (2014). Literasi informasi lulusan program EAP (English for Academic Purpose). - : Universitas Airlangga
  2. Sugiman, Ferry Ardianto, (2013). Pengaruh penggunaan bahan ajar brosur melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment divisions (STAD) terhadap aktivitas dan penguasaan materi pada materi pokok fungi. - : Universitas Lampung


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-01
  1. Hubungan prokrastinasi akademik dengan perilaku plagiarisme di kalangan mahasiswa universitas airlangga
  2. Perilaku penemuan informasi mahasiswa imm umsida sidoarjo dalam menemukan sumber informasi ilmiah
  3. Efektifitas penggunaan software open source (slims) pada perpustakaan perguruan tinggi di malang
  4. Peranan modal sosial remaja net generation dalam memenuhi kebutuhan informasi melalui media sosial
  5. Pemanfaatan media sosial untuk jual beli online di kalangan mahasiswa fisip universitas airlangga surabaya melalui instagram
  6. Pemanfaatan internet dikalangan pengunjung cafe starbuck
  7. Adaptasi sosial mahasiswa ilmu informasi dan perpustakaan di lingkungan kampus-fisip universitas airlangga
  8. Penggunaan media permainan sebagai upaya membangun literasi dini
  9. Perilaku penemuan informasi pada komunitas k-pop “ever lasting friends (elf)” surabaya
  10. Perilaku penemuan informasi (information seeking behavior) mahasiswa
  11. Pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kinerja pustakawan dalam pelayanan pengguna di perpustakaan khusus
  12. Hubungan perilaku menonton film adaptasi dan membaca novel adaptasi
  13. Internet plagiarism di kalangan mahasiswa
  14. Evaluasi sistem otomasi i-sekolah oleh siswa sekolah menengah kejuruan negeri 10 surabaya
  15. Hubungan self efficacy dengan perilaku penemuan informasi
  16. Peran guru slb negeri gedangan dalam menumbuhkan kemampuan literasi informasi siswa disabilitas
  17. Self concept dan self efficacy di kelompok pengelola arsip lembaga kearsipan perguruan tinggi (lkpt)
  18. Hubungan tipe kepribadian terhadap perilaku penemuan informasi mahasiswa universitas airlangga
  19. Efektivitas pendidikan pengguna (user education) perpustakaan pada kalangan mahasiswa baru universitas airlangga angkatan 2016/2017
  20. Perilaku penemuan informasi tentang pendidikan dasar di kalangan orang tua
  21. Analisis 8 karakteristik peran pustakawan dalam perspektif pemustaka (siswa) di perpustakaan grhatama pustaka yogyakarta