Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 3 / No. 2 / Published : 2014-01

TOC : 15, and page :224 - 235

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perilaku penemuan informasi peneliti universitas airlangga melalui e-journal

Author :

  1. Astri Suryaningsih*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Informasi yang dibutuhkan oleh peneliti tidak dapat dilepaskan dari perankerja sebagai seorang peneliti yang akan  melibatkan rasa ingin tahu dan untukmencari dan menggali informasi baru. Hal tersebut merupakan kebutuhan kognitifyang berusaha dipenuhi dengan mencari informasi ilmiah yang terkait denganpenelitian. Kebutuhan afektif bagi peneliti yang berusaha untuk dipenuhiberhubungan dengan bentuk rasa menghargai peran kerja sebagai peneliti danmelaksanakan kewajiban dengan sungguh -sungguh. Untuk memenuhi kebutuhanafektif ini, informasi yang dibutuhkan adalah informasi paling mutakhir terkait suatupenelitian. Berbagai sumber informasi akan digunakan oleh peneliti, salah satunyaadalah e-journal. Perpustakaan maupun web -web open access e-journal menyediakanbervariasi e-journal yang dapat dimanfaatkan peneliti. Penelitian ini berusaha untukmenggambarkan perilaku peneliti LPPM Universitas Airlangga dalam menelusur e journal.Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe desk riptif.Responden berjumlah 40 orang. Sampel diambil menggunakan purposive sampling.Instrument yang digunakan adalah kuisioner. Hasil yang diperoleh adalah penelitimelakukan fitur starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracting,verifying, dan ending. Sumber e-journal yang paling digunakan oleh peneliti adalah e journalpada web-web yang terindeks oleh search engine Google Scholar. Hambatanyang dialami oleh peneliti antara lain adalah kelelahan ketika membaca pada layarkomputer terlalu lama, kurang memiliki waktu, artikel e -journal tidak tersedia secarafulltext, akses e-journal yang dilanggan Perpustakaan Universitas Airlangga padalingkungan kampus, dan kecepatan akses internet Universitas Airlangga yang lambat.

Keyword :

Kebutuhan Informasi Peneliti, Perilaku Peneliti Menelusur E-journal, Peneliti LPPM Universitas Airlangga, -, -,


References :

  1. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, (2010). Pedoman Beban Kerja Dosen dan EvaluasiPelaksanaan TriDharma Perguruan Tinggi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
  2. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, (2013). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi IX. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 2 / Pub. : 2014-06
  1. Personal information management ( pim ) pada dosen peneliti desentralisasi tahun 2013 universitas airlangga surabaya
  2. Tanggapan terhadap kegiatan komunikasi pemasaran c2o library & collabtive
  3. Persepsi pengguna terhadap kualitas layanan di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur
  4. Evaluasi keterpakaian koleksi (studi evaluatif tentang keterpakaian koleksi buku pada perpustakaan akademi angkatan laut surabaya)
  5. Analisis usability website repository perpustakaan institut teknologi sepuluh nopember surabaya (studi deskriptif tentang usability website repository perpustakaan institut teknologi sepuluh nopember surabaya berdasarkan evaluasi heuristik)
  6. Kebutuhan informasi anak jalanan di rumah kampung anak negeri (liponsos) surabaya
  7. Analisis marketing mix pada perpustakaan pusat universitas muhammadiyah malang (studi deskriptif tentang variabel-variabel product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence dilihat dari sudut pandang pengguna perpustakaan pusat universitas muhammadiyah malang)
  8. Kemelekan informasi masyarakat terhadap potensi daerah ( studi deskriptif tentang kemelekan informasi masyarakat terhadap potensi lokal di kabupaten ponorogo
  9. Hijabers di era informasi (studi information sharing dan gaya hidup hijabers di komunitas hijabers surabaya)
  10. Penerimaan sistem informasi akademik universitas airlangga cyber campus (uacc) pada dosen fisip universitas airlangga
  11. Persepsi pengelola arsip terhadap jabatan fungsional arsiparis (studi deskriptif tentang persepsi pengelola arsip terhadap jabatan fungsional arsiparis di badan perpustakaan dan kearsipan jawa timur di bidang kearsipan)
  12. Pengaruh desain interior terhadap produktivitas kerja pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi negeri surabaya
  13. Persepsi pemustaka tentang kualitas ruang layanan pada perpustakaan stie perbanas surabaya ( studi deskriptif mengenai persepsi pemustaka tentang 10 dimensi kualitas ruang yang meliputi aspek : fungsional, adabtable, accessible, varied, interactive, conducive, environmentally suitable, safe and secure, efficient, suitable for information technologi )
  14. Perilaku penemuan informasi peneliti universitas airlangga melalui e-journal
  15. Pemanfaatan twitter sebagai media information sharing di perpustakaan
  16. Peranan modal sosial pada perilaku berbagi informasi di dalam forum sport: futsal kaskus regional surabaya
  17. Realitas kampung cyber (studi fenomenologi terhadap masyarakat kampung rt 36, taman, patehan, yogyakarta)
  18. Studi mengenai implementasi kebijakan program layanan referensi di perpustakaan universitas surabaya
  19. Pengaruh pendidikan pengguna (user education) terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan di upt perpustakaan universitas muhammadiyah suakarta
  20. “pemanfaatan koleksi perpustakaan pada mahasiswa di perpustakaan universitas katolik widya mandala surabaya” (studi deskriptif terhadap pemanfaatan koleksi perpustakaan pada mahasiswa di perpustakaan universitas katolik widya mandala surabaya)
  21. Pemanfaatan Saluran Informasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Siswa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya
  22. Kondisi perpustakaan umum daerah kabupaten jember oleh pelajar berdasarkan standar nasional perpustakaan (studi deskriptif tentang kondisi perpustakaan oleh pelajar berdasarkan standar nasional perpustakaan)
  23. Pengaruh gaya kepemimpinan consideration dan initianing structure terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening : studi pada perpustakaan institut teknologi sepuluh november surabaya
  24. Pola perilaku penemuan informasi (information seeking behavior) di kalangan mahasiswa skripsi (studi deskriptif tentang perilaku penemuan informasi mahasiswa fip jurusan ksdp program studi pendidikan luar biasa universitas negeri malang dalam penulisan skripsi)
  25. Perilaku pencarian informasi dengan menggunakan media internet pada remaja awal (studi deskriptif perilaku pencarian informasi dengan menggunakan media internet pada smpn 32 surabaya)
  26. Perilaku penemuan informasi (information seeking behaviour) pada profesi perawat (studi deskriptif perilaku penemuan informasi pada perawat bagian irna bedah dan irna medik rumah sakit dr. soetomo surabaya dengan mengadopsi model bystrom & jarvelin)
  27. Perilaku penemuan informasi di kalangan profesional guru sekolah dasar negeri di surabaya
  28. Kualitas layanan digital library uin maliki (studi deskriptif tentang kualitas layanan digital library pada perpustakaan universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang)
  29. Pengaruh bauran promosi terhadap motivasi evaluasi kognitif untuk berkunjung pada ex. dejavasche bank ( museum bank indonesia surabaya )