Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 3 / No. 2 / Published : 2014-01

TOC : 2, and page :13 - 35

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Personal information management ( pim ) pada dosen peneliti desentralisasi tahun 2013 universitas airlangga surabaya

Author :

  1. Anindya Dayu Rusmei Lina*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Personal Information Management dapat membantu seseorang dalam mengelola informasi pribadi yang disimpan dalam media penyimpanannya. Sehingga memudahkan orang tersebut untuk menemukan informasinya kembali. Fenomena tersebut membuat ketertarikan tersendiri untuk mengetahui gambaran Personal Information Management yang dikembangkan oleh dosen peneliti desentralisasi Universitas Airlangga pada khususnya. Penelitian ini dikaji berdasarkan tahapan yang meliputi penemuan informasi ( finding ) , penyimpanan informasi ( keeping ) , dan meta level yang terdiri dari pengorganisasian informasi ( organizing ) , pemeliharaan informasi ( maintaining ) , pengaturan arus informasi ( managing privacy and the flow of information ) , pengaturan dan evaluasi ( measuring and evaluating) , making sense. Dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan teknik pengambilan sampel acak sistematis ( systematic random sampling ) dihasilkan sebanyak 75 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 26,7% dosen peneliti melakukan browsing tanpa memiliki kata kunci yang tepat pada saluran informasi. Kemudian ( 40,0% ) dosen peneliti menyimpan informasi pada folder yang berbeda dengan kategori informasi yang sejenis. Selanjutnya ( 65,3% ) dosen peneliti mengelompokkan informasi berdasarkan jenis/subyek informasi dan ( 50,7% ) memberi nama informasi sesuai dengan isi informasi. Untuk pemeliharaan informasi pada file digital ( 33,2% ) dosen peneliti menggunakan cara back up data, dan mengcopy data pada media lain, sedangkan ( 22,8% ) memelihara file cetak dengan cara menyimpan file pada media yang aman. Banyaknya informasi masuk ke dalam media penyimpanan, membuat ( 46,7% ) dosen peneliti kesulitan menemukan informasi dikarenakan lupa letak dan nama informasi. Oleh karena itu ( 46,7% ) dosen peneliti memilih melakukan antisipasi dengan cara menyeleksi semua informasi yang masuk dan melakukan pengelolaan informasi pribadi kembali.

Keyword :

Personal Information Management, Penemuan, Penyimpanan, Pengorganisasi Informasi,


References :

  1. Adelia, Nisa, (2014). Personal Information Management pada Pustakawan Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya. Surabaya : Airlangga
  2. Bungin, Burhan, (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lainnya. Jakarta : Prenada
  3. Tampubolon, (1990). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung : Angkasa


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 2 / Pub. : 2014-06
  1. Personal information management ( pim ) pada dosen peneliti desentralisasi tahun 2013 universitas airlangga surabaya
  2. Tanggapan terhadap kegiatan komunikasi pemasaran c2o library & collabtive
  3. Persepsi pengguna terhadap kualitas layanan di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur
  4. Evaluasi keterpakaian koleksi (studi evaluatif tentang keterpakaian koleksi buku pada perpustakaan akademi angkatan laut surabaya)
  5. Analisis usability website repository perpustakaan institut teknologi sepuluh nopember surabaya (studi deskriptif tentang usability website repository perpustakaan institut teknologi sepuluh nopember surabaya berdasarkan evaluasi heuristik)
  6. Kebutuhan informasi anak jalanan di rumah kampung anak negeri (liponsos) surabaya
  7. Analisis marketing mix pada perpustakaan pusat universitas muhammadiyah malang (studi deskriptif tentang variabel-variabel product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence dilihat dari sudut pandang pengguna perpustakaan pusat universitas muhammadiyah malang)
  8. Kemelekan informasi masyarakat terhadap potensi daerah ( studi deskriptif tentang kemelekan informasi masyarakat terhadap potensi lokal di kabupaten ponorogo
  9. Hijabers di era informasi (studi information sharing dan gaya hidup hijabers di komunitas hijabers surabaya)
  10. Penerimaan sistem informasi akademik universitas airlangga cyber campus (uacc) pada dosen fisip universitas airlangga
  11. Persepsi pengelola arsip terhadap jabatan fungsional arsiparis (studi deskriptif tentang persepsi pengelola arsip terhadap jabatan fungsional arsiparis di badan perpustakaan dan kearsipan jawa timur di bidang kearsipan)
  12. Pengaruh desain interior terhadap produktivitas kerja pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi negeri surabaya
  13. Persepsi pemustaka tentang kualitas ruang layanan pada perpustakaan stie perbanas surabaya ( studi deskriptif mengenai persepsi pemustaka tentang 10 dimensi kualitas ruang yang meliputi aspek : fungsional, adabtable, accessible, varied, interactive, conducive, environmentally suitable, safe and secure, efficient, suitable for information technologi )
  14. Perilaku penemuan informasi peneliti universitas airlangga melalui e-journal
  15. Pemanfaatan twitter sebagai media information sharing di perpustakaan
  16. Peranan modal sosial pada perilaku berbagi informasi di dalam forum sport: futsal kaskus regional surabaya
  17. Realitas kampung cyber (studi fenomenologi terhadap masyarakat kampung rt 36, taman, patehan, yogyakarta)
  18. Studi mengenai implementasi kebijakan program layanan referensi di perpustakaan universitas surabaya
  19. Pengaruh pendidikan pengguna (user education) terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan di upt perpustakaan universitas muhammadiyah suakarta
  20. “pemanfaatan koleksi perpustakaan pada mahasiswa di perpustakaan universitas katolik widya mandala surabaya” (studi deskriptif terhadap pemanfaatan koleksi perpustakaan pada mahasiswa di perpustakaan universitas katolik widya mandala surabaya)
  21. Pemanfaatan Saluran Informasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Siswa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya
  22. Kondisi perpustakaan umum daerah kabupaten jember oleh pelajar berdasarkan standar nasional perpustakaan (studi deskriptif tentang kondisi perpustakaan oleh pelajar berdasarkan standar nasional perpustakaan)
  23. Pengaruh gaya kepemimpinan consideration dan initianing structure terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening : studi pada perpustakaan institut teknologi sepuluh november surabaya
  24. Pola perilaku penemuan informasi (information seeking behavior) di kalangan mahasiswa skripsi (studi deskriptif tentang perilaku penemuan informasi mahasiswa fip jurusan ksdp program studi pendidikan luar biasa universitas negeri malang dalam penulisan skripsi)
  25. Perilaku pencarian informasi dengan menggunakan media internet pada remaja awal (studi deskriptif perilaku pencarian informasi dengan menggunakan media internet pada smpn 32 surabaya)
  26. Perilaku penemuan informasi (information seeking behaviour) pada profesi perawat (studi deskriptif perilaku penemuan informasi pada perawat bagian irna bedah dan irna medik rumah sakit dr. soetomo surabaya dengan mengadopsi model bystrom & jarvelin)
  27. Perilaku penemuan informasi di kalangan profesional guru sekolah dasar negeri di surabaya
  28. Kualitas layanan digital library uin maliki (studi deskriptif tentang kualitas layanan digital library pada perpustakaan universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang)
  29. Pengaruh bauran promosi terhadap motivasi evaluasi kognitif untuk berkunjung pada ex. dejavasche bank ( museum bank indonesia surabaya )