Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 5 / No. 2 / Published : 2016-02

TOC : 9, and page :17 - 18

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Subkultur anak muda hacker di dunia maya

Author :

  1. Hasbi Ashshidqi*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Hacker menjadi suatu kultur yang selalu dianggap menyimpang dalam masyarakat.  Acapkali orang-orang menilai bahwa telah terjadi sesuatu kejahatan yang telah dilakukan oleh para peretas tersebut.  Namun, di sisi lain ternyata terdapat aktivitas-aktivitas hacker yang mencerminkan bahwa perbuatan itu merupakan kegiatan yang mengarah kepada pembentukan subkultur anak muda. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku para hacker yang terjadi, memamahi subkultur yang dikembangkan dalam komunitas hacker, dan untuk mengetahui tipologi hacker dalam membentuk subkultur. Peneliti menggunakan kerangka teori yang menekankan pada hegemoni dari Antonio Gramsci. Metode prosedur penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penentuan informan menggunakan cara purposive dan pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan langsung, serta melakukan wawancara secara mendalam.  Dari hasil penelitian ini, didapatkan beberapa alasan hacker melakukan kegiatan hacking yaitu tantangan, rasa penasaran, menaikkan identitas, jahil, dan ingin membantu teman. Selanjutnya subkultur yang dibangun oleh para hacker dalam komunitas Surabaya Hacker Link adalah untuk membangun interaksi serta relasi antar para hacker, tidak adanya kesempatan belajar hacking di lingkungan sekolah. Interaksi disini berbentuk hubungan antar anggota dalam komunitas yang berbentuk positif maupun negatif. Selanjutnya dari 2 temuan tersebut, terdapat perbedaan pada tipologi dari unsur sub ordinat, intelektual organik, konformitas, integrasi budaya dan tingkatan hegemoni.

Keyword :

Hacker, subkultur, hegemoni,


References :

  1. Raharjo, Agus, (2002). Cybercrime : Pemahaman dan Upaya Pencegahan Kejahatan Berteknologi. . - : Bandung : Citra Aditya Bakti.
  2. Simarmata, Janner, (2006). Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. - : Yogyakarta : Andi Offset


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 2 / Pub. : 2016-02
  1. Gambaran perilaku dan gaya hidup masyarakat kota surabaya dalam memanfaatkan perpustakaan kafe (library café)
  2. Perilaku penemuan informasi kesehatan keluarga penderita kanker
  3. Perilaku penemuan informasi informasi dikalangan penderita kanker
  4. Perilaku pemanfaatan taman bacaan masyarakat (tbm) dalam meningkatkan literasi masyarakat kota surabaya
  5. Perilaku penemuan dan pemanfaatan informasi di kalangan hacker*
  6. Konstruksi sosial masyarakat mengenai perpustakaan desa di surabaya
  7. Kemampuan literasi media (media literacy) di kalangan remaja rural di kabupaten lamongan
  8. Makna membaca karya sastra lama (studi tentang produksi dan reproduksi makna membaca karya sastra lama di kalangan anak muda urban dalam organisasi mahasiswa ekstra kampus
  9. Subkultur anak muda hacker di dunia maya
  10. Pengembangan modal sosial pada komunitas virtual “lendabook”
  11. Gambaran faktor dalam memotivasi kerja pegawai perpustakaan sekolah pada sma negeri di surabaya
  12. Makna pengelola naskah kuno dalam budaya jawa di museum radya pustaka, perpustakaan rekso pustaka pura mangkunegaran, perpustakaan puro pakualaman, perpustakaan widya budaya keraton yogyakarta
  13. Pemanfaatan internet di kalangan uk mapanza unair dalam mengakses informasi reproduksi sehat
  14. Makna museum bagi para pengunjung (studi fenomenologi tentang makna museum bagi para pengunjung museum di wilayah surabaya)
  15. Tingkat kepercayaan terhadap sebuah website (studi deskriptif kepercayaan pengguna website winpoin.com dengan menggunakan online trust)