MOZAIK HUMANIORA
ISSN 2442-8469
Vol. 14 / No. 1 / Published : 2014-01
Order : 9, and page :101 - 118
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
(representation of gender roles in stories written by indonesian children writers in kkpk series)
Author :
- Titien Diah Soelistyarini*1
- Dosen Fakultas Ilmu Budaya
Abstract :
Dalam beberapa tahun terakhir, sastra anak Indonesia muncul kembali dengan diterbitkannya serangkaian karya yang didedikasikan khusus untuk pembaca muda. Dalam beberapa hal, publikasi ini istimewa karena karya-karya yang umumnya dikenal sebagai seri KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya)ditulis oleh anak-anak mulai dari usia 7 sampai 12 tahun. Oleh karena sebagian besar penulis ini anak perempuan, tidak terlalu mengejutkan apabila anak perempuan digambarkan sebagai karakter utama di sebagian besar cerita. Objek penelitian ini adalah 40 cerita yang ditulis oleh anak-anak yang karyanya diterbitkan dalam seri KKPK oleh DAR! Mizan 2010-2012. Penelitian ini mengungkap praktik jender sebagai konstruksi sosial dan representasi budaya dalam sastra anak. Meskipun para penulis anak ini dianggap sebagai generasi abad ke-21, mereka tampaknya belum lepas dari ideologi patriarki yang mempromosikan peran jender tradisional yang mendefinisikan laki-laki lebih unggul daripada perempuan. Analisis tentang peran agen sosialisasi jender yang meliputi orangtua, masyarakat, dan media menunjukkan bahwa mereka memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam membentuk persepsi jender pada anak-anak. Oleh karena itu, representasi jender dalam karya anak-anak ini berperan serta dalam mereproduksi dan melegitimasi peran jender tradisional yang mencerminkan pandangan masyarakatnya. Lebih jauh bisa dikatakan bahwa representasi tersebut juga berperan dalam membentuk sikap dan persepsi mengenai perilaku jender yang tepat dalam masyarakat tempat mereka tumbuh.Kata kunci: ideologi patriarki, peran jender, sastra anak, stereotip jenderAbstractIn recent years, Indonesian children’s literature has been brought back to life with the publication of series of works dedicated especially for young readers. To some extent, these publications are special since the works which are commonly known as KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya) series are written by children ranging from the age of 7 to 12.. This study was conducted on 40 stories written by children writers who have their works published in KKPK series by DAR! Mizan from 2010 to 2012. This study revealed gender practice as social construction and cultural representation, including in children’s literature. Even though these children writers are considered as the 21st century generation, they still seem unable to break from the patriarchal ideology defining men more superior than women. The analysis on the role of gender socializing agents that include parents, society and the media showed that they had a very strong influence in shaping gender perception on children. Therefore, gender representation in these children’s works eventually had a share in reproducing and legitimizing traditional gender roles reflecting the view of its society. More or less, this also plays a role in shaping these children’s attitudes and perception of gender-appropriate behavior in the society.Keywords: children’s literature, patriarchal ideology, gender roles, gender stereotype
Keyword :
children’s literature, patriarchal ideology, gender roles, gender stereotype,
References :
Gooden, AM, dan MA Gooden,(2001) “Gender Representation in Notable Children’s Picture Books: 1995-1999 45 (1): 89-105. : Sex Roles: A Journal of Research
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 14 / No. : 1 / Pub. : 2014-01 |
|