MOZAIK HUMANIORA
ISSN 2442-8469
Vol. 13 / No. 2 / Published : 2013-06
Order : 2, and page :126 - 135
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Celebrity status in rcti’s idola cilik: the consumption of the popular media by indonesian children
Author :
- Dadung Ibnu Muktiono*1
- Department of Gender and Cultural Studies, The University of Sydney
Abstract :
AbstrakTulisan ini bertujuan untuk membahas keaktifan anak-anak dalam mengonsumsi media dan mengejar status selebriti melalui media di Indonesia. Anak-anak sering dianggap murni, polos, dan pasif. Beberapa orang berpendapat bahwa nilai-nilai ini harus dipertahankan untuk mendefinisikan anak secara jelas. Namun sekarang sulit untuk mempertahankan identitas tersebut karena media yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak. Mereka aktif mengkonsumsi media dengan memaknai program-program televisi yang mereka konsumsi. Di Indonesia, konsumsi aktif anak- anak pada media dapat dilihat melalui partisipasi dalam Idola Cilik, yang terkenal sebagai kontes menyanyi anak dan memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menjadi selebriti. Penelitian ini menggunakan metode analisis tekstual terhadap program Idola Cilik yang ditayangkan oleh RCTI pada tahun 2010. Argumen yang dikemukakan adalah bahwa Idola Cilik menyajikan selebriti seperti yang diinginkan oleh anak-anak. Sebagai bagian dari komersialisasi, para kontestan harus siap untuk dijual sebagai komoditas, bersama dengan kisah hidup dan foto mereka. Ini menunjukkan bahwa media mengkomersialkan status selebriti anak-anak. Makalah ini juga menunjukkan bahwa anak-anak adalah konsumen aktif. Mereka bukanlah produk yang ditentukan oleh teks (dalam hal ini Idola Cilik), akan tetapi mereka mampu membaca pesan yang disampaikan oleh media dan merekonstruksinya.Kata kunci: anak-anak, Idola Cilik, komoditas, media, selebritiAbstractThis paper aims to discuss the activeness of children in consuming media and the pursuit of celebrity status through media in Indonesia. Children are often seen as pure, innocent, and passive. Some people argue that these values should be maintained to clearly define children. However, since media have become part of child’s everyday life, it is harder to maintain the fixed identities of children. Furthermore, children are not passive consumer of media. They actively consume media by making meaning of programs they consume. In Indonesia, the active consumption of children on media can be seen through participation in Idola Cilik, famous child singing talent show. The program provides opportunities for children to be celebrities. This research utilized textual analysis on Idola Cilik as aired by RCTI in 2010. It is argued that Idola Cilik presents celebrity as the desired by children. As part of commercialization, the contestants must be ready to be sold as the commodity, along with their life stories and pictures It shows that media commercialize the celebrity status for the children. The paper also shows that children are active consumers. They are not products determined by text (in this case is Idola Cilik), rather they are able to read the messages presented by media and reconstruct them.
Keyword :
anak-anak, Idola Cilik, komoditas, media, selebriti,
References :
Buckingham, David,(2008) Children and Media: A Cultural Studies Approach N/A : Polity Press
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 13 / No. : 2 / Pub. : 2013-07 |
|