Catalog :




Detail Article

Jurnal Palimpsest

ISSN 2086-0994

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2014-08

TOC : 1, and page :1 - 18

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan universitas negeri padang

Author :

  1. Elva Rahmah*1
  1. Program Studi Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, FBS, Universitas Negeri Padang

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sampaisejauhmana kesesuaian antara tingkat kepentingan unsur-unsur layanan menurutpemustaka dengan kinerja yang telah dilakukan Perpustakaan UNP. Variabelpenelitian terdiri dari fasilitas, koleksi, layanan, petugas, dan peraturan dan tatatertib perpustakaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Hasil pengolahan dan analisisi data dituangkan dalam tabel dan diperhitungkandalam prosentase. Objek penelitian adalah pemustaka jasa layanan diPerpustakaan UNP, yang sudah terdaftar sebagai anggota perpustakaan.Berdasarkan pada objek tersebut, maka yang menjadi populasi dalam penelitianini adalah semua anggota Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Karenajumlah populasi yang cukup banyak, maka jumlah tersebut perlu diperkecildengan jalan pengambilan sampel. Penarikan sampel dan populasi dilakukansecara acak. Hasil analisis data dan kajian variabel menunjukkan tingkat kepuasanpemustaka berkaitan dengan data fasilitas, koleksi, layanan, petugas layanan, danperaturan dan tata tertib perpustakaan, dapat diketahui bahwa 2,99% respondenberpendapat sangat memuaskan, 19,86% menyatakan memuaskan, 38,45%responden berpendapat cukup memuaskan, 27,47% menyatakan kurangmemuaskan, dan 11,21% responden menyatakan tidak memuaskan. Dari datatersebut dapat ditarik kesimpulan, bahwa tingkat kepuasan pemustaka terhadaplayanan Perpustakaan Universitas Negeri Padang adalah cukup memuaskan.

Keyword :

kepuasan pemustaka, analisis kepuasan, layanan perpustakaan,


References :

  1. Barnes, James G, (2003). Secrets of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta : Andi
  2. Darmono, (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2014-08
  1. Analisis kemampuan search engine google, yahoo dan altavista
  2. Analisis kemampuan search engine google, yahoo dan altavista
  3. Pembangkitan basis pengetahuan agen pada sistem pembelajaran cerdas (intelligent learning system) dari teks bebas dengan menggunakan temu kembali informasi (information retrieval)
  4. Sistem informasi pemetaan tata ruang kota-kabupaten dalam bentuk peta grafis berbasis web
  5. Web map untuk mengetahui daerah rawan banjir di kabupaten bojonegoro
  6. Rancangan dan pembuatan data warehouse untuk kebutuhan sistem pendukung keputusan (studi kasus: departemen marketing dan komunikasi universitas dr soetomo surabaya)
  7. Pemanfaatan jejaring sosial (facebook) perpustakaan perguruan tinggi sebagai pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa
  8. Developing strategy and evaluation of school libraries in enhancing students’ life skills in buleleng regency, bali
  9. Evaluation of provincial capital e-government websites in indonesia
  10. Peran Perpustakaan Dalam Mendukung Universitas Airlanggamenuju World Class University Melalui Peningkatan Peringkat Webometric
  11. Peran perpustakaan dalam penerapan knowledge management di lembaga riset
  12. Perpustakaan dalam dimensi postmodernisme
  13. Analisis kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan universitas negeri padang
  14. Memahami Manajemen Arsip Perguruan Tinggi (management Of University Archive)
  15. Legalisasi Lembaga Kearsipan, Kontinuitas Atau Formalitas?
  16. Layanan Pusat Deposit Bahan Pustaka Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi (studi Deskriptif Tentang Kebutuhan Informasi Melalui Kepuasan Pengguna Dan Kualitas Pelayanan Pada Layanan Pusat Deposit Bahan Pustaka Di Perpustakaan Nasional Ri)
  17. Kupas Tuntas Aplikasi E-ddc (electronic-dewey Decimal Classification)
  18. Transisi Masyarakat Indonesia Menuju Masyarakat Informasi
  19. Pembangkitan basis pengetahuan agen pada sistem pembelajaran cerdas (intelligent learning system) dari teks bebas dengan menggunakan temu kembali informasi (information retrieval)
  20. Sistem informasi pemetaan tata ruang kota-kabupaten dalam bentuk peta grafis berbasis web