Skriptorium
ISSN 2302-8858
Vol. 1 / No. 3 / Published : 2013-08
Order : 5, and page :33 - 47
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Analisis semiotik dan wacana pada iklan rokok la lights “yang lain bersandiwara, gue apa adanya!” versi topeng monyet di media televisi
Author :
- Ayu Prasetyaningtyas*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan makna pada iklan menggunakan peta tanda semiotik Barthes serta mendeskripsikan jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi yang terdapat dalam iklan tersebut. Dari serangkaian penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam iklan rokok LA Lights ‘Yang Lain Bersandiwara, Gue Apa Adanya!’ versi topeng monyet memiliki pesan sosial yang dimaknai oleh publik melalui berbagai tanda yang dapat ditangkap atas pembacaan iklan tersebut serta jenis- jenis wacana yang memiliki peran dalam membangun sebuah makna pada iklan tersebut.
Keyword :
iklan rokok, semiotik, wacana ,
References :
Kurniawan,(2001) Semiologi Roland Barthes Magelang : Yayasan Indonesiatera
Rani, Abdul dkk,(2006) Analisis Wacana; Sebuah Kajian Bahasa dan Pemakaian Malang : Bayumedia Publishing
Sobur, Alex,(2003) Semiotika Komunikasi Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Susanto, Edy dkk,(2010) Hukum Pers di Indonesia Jakarta : Rineka Cipta
Tinarbuko, Sumbo,(2008) Semiotika Komunikasi Visual Yogyakarta : Jalasutra
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 1 / No. : 3 / Pub. : 2013-06 |
|