UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-06

Order : 3, and page :130 - 142

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Representasi identitas remaja perempuan indonesia dalam majalah gogirl!

Author :

  1. Irene Kristina *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai representasi identitas remaja perempuan Indonesia yang ditampilkan dalam majalah Gogirl!, dengan mengeksplor konstruksi identitas remaja perempuan Indonesia dengan discourse analysis. Majalah yang difokuskan pada remaja perempuan, dalam perkembangannya, telah mengalami pergeseran, baik dari segi content maupun dalam mengonstruksi tampilan remaja perempuan. Perkembangan yang terjadi meliputi elemen desain, seperti nama logo, model sampul, warna, komposisi rubrik dan juga pada foto maupun narasi yang disajikan. Konstruksi media terhadap penampilan remaja perempuan Indonesia telah dipengaruhi oleh budaya-budaya dari luar yang silih berganti. Konsekuensinya, remaja perempuan yang berada pada masa peralihan menuju dewasa mengalami kegamangan akan identitas dan jati dirinyaHasil analisis yang telah dilakukan peneliti mengenai representasi remaja perempuan Indonesia meliputi identitas sosial remaja perempuan dicitrakan sebagai seorang pemimpin yang mandiri, berprestasi, pemelihara hubungan; identitas fisik yang dikonstruk adalah remaja perkotaan menengah dan menengah atas serta berwajah indo; identitas personal yang dimunculkan adalah pribadi yang dewasa dan pantang menyerah. Kata kunci : repesentasi, majalah, remaja perempuan, identitas

Keyword :

representasi, majalah, remaja perempuan, identitas,


References :

Budiyanto, IM ,(2004) Semiotika budaya, Penerbit Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Rektorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI Jakarta : Universitas Indonesia

Eriyanto,(2009) Analisis wacana Jakarta : LKis





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04
  1. Mitos Ibu Dalam Tayangan Reality Show Ibu Di Trans Tv
  2. Wacana Peran Perempuan Dalam Kolom Story Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos
  3. Identitas Sinden Dalam Novel Indonesia
  4. Opini Masyarakat Surabaya Terhadap Tayangan Acara “reportase Investigasi”di Trans Tv
  5. Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
  6. Strategi Media Relations Divisi Penerangan Sosial Budaya (pensosbdud) Kbri Australia Terkait Pemberitaan Kasus Organisasi Papua Merdeka (opm).
  7. Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Rumah Cantik Citra Di Surabaya
  8. Tahapan Hubungan Menuju Pernikahan (commited Romantic Relationship) Pada Etnis Arab Di Kampung Arab Ampel, Surabaya
  9. Motif Pendengar Aktif Program Ebs Nine One One Dalam Mendengarkan Dan Mengirimkan Sms Pada Fitur Sos Number
  10. Gambaran Perempuan Karir Dalam Program News For Woman Sbo Tv
  11. Difusi Inovasi Jaring Pengusir Burung Pada Kelompok Tani Sumber Makmur Di Desa Kalibelo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri
  12. Representasi Identitas Remaja Perempuan Indonesia Dalam Majalah Gogirl!
  13. Penerapan Promotional Tools Pada Umkm “amble Footwear”
  14. Pembentukan Couple Types Berdasarkan Komunikasi Dalam Menjalankan Role Family Function Pada Keluarga Dengan Stay At Home Dad
  15. Strategi Integrated Marketing Communications (imc) Dalam Reposisi Pada Cv. Khatulistiwa International Cargo