UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05

Order : 4, and page :608 - 618

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Studi analisis pemaknaan hijabers community surabaya terhadap hijab dalam film 99 cahaya di langit eropa

Author :

  1. Nurul Haromaini *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Fenomena hijabers telah menjadi suatu hal yang menarik di Indonesia. Hijab sebagai simbol agama kini perlahan mengalami pergeseran akan maknanya hal ini terlihat dari banyaknya hijab dikonsumsi karena tren yang ada bukan sebagai kewajiban. Keadaan ini kemudian dimanfaatkan media sebagai sarana untuk mencari keuntungan, salah satunya melalui film bergenre religi, yaitu film  99 Cahaya di Langit Eropa. Eropa oleh Hijabers Community Surabaya dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode reception analysis. Hasil dari penelitian ini antara lain, Pemaknaan Hijabers Community Surabaya terhadap hijab dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa dapat di bagi menjadi tiga. Yang pertama informan menilai berdasarkan pada dua pandangan tentang cara berhijab, yaitu hijab di lihat dari sudut pandang hijabers dan hijab jika di pandang dari sudut pandang syariat. Kedua hijab dibedakan sudah tepat atau belum berdasarkan scene yang ada. Dan yang ketiga, informan menilai ketepatan dalam berhijab terlihat dari kesederhaan dalam berbusana. Kata Kunci: Hijab, Hijabers Community Surabaya, Makna, 99 Cahaya di Langit Eropa

Keyword :

hijab, hijabers community surabaya, makna, 99 cahaya dilangit eropa,


References :

Azra, A,(2002) Jaringan Global dan Lokal Islam Nusantara. Bandung : Mizan

Barnard, M,(2011) Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta : Jalasutra





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05
  1. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  2. Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
  3. Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
  4. Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
  5. Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
  6. Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
  7. Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
  8. Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
  9. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  10. Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
  11. Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
  12. Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
  13. Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
  14. Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
  15. Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
  16. Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
  17. Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
  18. Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
  19. Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
  20. Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
  21. Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
  22. Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
  23. Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
  24. Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
  25. Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
  26. Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7