ISSN
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05
Order : 4, and page :608 - 618
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Studi analisis pemaknaan hijabers community surabaya terhadap hijab dalam film 99 cahaya di langit eropa
Author :
- Nurul Haromaini *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Fenomena hijabers telah menjadi suatu hal yang menarik di Indonesia. Hijab sebagai simbol agama kini perlahan mengalami pergeseran akan maknanya hal ini terlihat dari banyaknya hijab dikonsumsi karena tren yang ada bukan sebagai kewajiban. Keadaan ini kemudian dimanfaatkan media sebagai sarana untuk mencari keuntungan, salah satunya melalui film bergenre religi, yaitu film 99 Cahaya di Langit Eropa. Eropa oleh Hijabers Community Surabaya dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode reception analysis. Hasil dari penelitian ini antara lain, Pemaknaan Hijabers Community Surabaya terhadap hijab dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa dapat di bagi menjadi tiga. Yang pertama informan menilai berdasarkan pada dua pandangan tentang cara berhijab, yaitu hijab di lihat dari sudut pandang hijabers dan hijab jika di pandang dari sudut pandang syariat. Kedua hijab dibedakan sudah tepat atau belum berdasarkan scene yang ada. Dan yang ketiga, informan menilai ketepatan dalam berhijab terlihat dari kesederhaan dalam berbusana.
Kata Kunci: Hijab, Hijabers Community Surabaya, Makna, 99 Cahaya di Langit Eropa
Keyword :
hijab, hijabers community surabaya, makna, 99 cahaya dilangit eropa,
References :
Azra, A,(2002) Jaringan Global dan Lokal Islam Nusantara. Bandung : Mizan
Barnard, M,(2011) Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta : Jalasutra
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05 |
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
- Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
- Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
- Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
- Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
- Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
- Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
- Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
- Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
- Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
- Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
- Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
- Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
- Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
- Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
- Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
- Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
- Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
- Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
- Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
- Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
- Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
- Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7
|