INSAN Media Psikologi
ISSN 1411-2671 (Cetak); 2310-7945 (Online)
Vol. 7 / No. 3 / Published : 2005-08
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Strategi perluasan merek dan loyalitas konsumen
Author :
- Zatul Farrah*1
- Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
Abstract :
Fenomena tentang perluasan merek telah menjadi sesuatu yang tidak asing bagi kita para konsumen. Kita telah melihat berbagai merek melakukan strategi ini untuk memasarkan produknya. Contohnya merek Adidas yang semula kita kenal sebagai merek sepatu olah raga, saat ini telah memperluas penggunaan mereknya pada produk pakaian bahkan parfum. Merek Gillete yang semula hanya digunakan pada produk silet kini digunakan pada produk alat pencukur dan after shave lotion. Merek Sony yang pada awalnya digunakan pada produk tape recorder kemudian memperluas penggunaan mereknya ke berbagai produk seperti televisi, radio, VCD, DVD bahkan laptop dan handphone yang berbeda dari parent brand. Kemudian Honda, merek ini tidak hanya sekedar dikenal dengan produk mobilnya, tetapi juga produk sepeda motor, penyapu salju, pemotong rumput, mesin kapal dan mobil salju. Strategi ini tidak hanya dilakukan oleh merek berskala multinasional, tapi juga oleh merek yang nasional merek ABC yang semula kita kenal sebagai merek kecap telah memperluas penggunaan mereknya untuk produk lain seperti, sirup, mie instan dan saus tomat serta sambal. Begitupula dengan merek Pepsodent yang semula hanya digunakan sebagai merek pasta gigi, saat ini telah meluas pada produk cairan pembersih mulut dan permen. Perluasan merek memang merupakan salah satu strategi untuk mempertahankan merek (Kotler, 2000). Namun apakah strategi tersebut efektif untuk mempertahankan loyalitas konsumen?. Tulisan ini mencoba untuk mengkaji hal tersebut. Tujuannya agar dapat diperoleh wawasan yang lebih komprehensif mengenai hal ini serta berguna bagi pihak-pihak yang berminat memanfaatkannya.
Keyword :
Strategi perluasan merek, citra merek, loyalitas konsumen,
References :
David. A. Aaker,(1996) Building Strong Brands New York : The Free Press
,(2004) Consumer Behavior New York : www-rohan.sdsu.edu/~renglish/report/printing_notes.htm
Daniel Edelman,(2004) How to Conduct Successful Brand Extensions : http://poolonline.com
Leif E. Hem,(2004) Factors Influencing Successful Brand Extensions : http://www.empgens.com/Pubs/jems/JEMS4_1.pdf
Leslie de Chernatony,(2004) Factors Influencing Successful Brand Extensions : http://www.empgens.com/Pubs/jems/JEMS4_1.pdf
Nina M. Iversen,(2004) Factors Influencing Successful Brand Extensions : http://www.empgens.com/Pubs/jems/JEMS4_1.pdf
Nancy Giddens,(2002) Brand Loyalty : http://www.extension.iastate.edu/agdm/wholefarm
Amanda Hofmann,(2002) Brand Loyalty : http://www.extension.iastate.edu/agdm/wholefarm
Marcel Gommans,(2001) From Brand Loyalty to E-Loyalty: a Conceptual Framework : Journal of Economic and Social Research
Krish S. Krishnan,(2001) From
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 3 / Pub. : 2008-03 |
|