UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 5 / No. 3 / Published : 2016-03

Order : 22, and page :43 - 44

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis kebutuhan informasi (information need assessment) lansia di kota surabaya

Author :

  1. Narenda Aulia Deanawa*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Berkembangnya kajian mengenai perilaku informasi saat ini, semakin beragam pula kebutuhan informasi yang dimiliki oleh berbagai kelompok masyarakat. Perpustakaan sebagai lembaga informasi bagi masyarakat dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi setiap patron penggunanya. Namun saat ini terlihat bahwa perpustakaan mengembangkan layanan yang bersifat general yang menyamaratakan kebutuhan informasi semua kelompok dan mengakibatkan tidak terpenuhinya kebutuhan spesifik dari kelompok minoritas, seperti lansia, sehingga lansia tercatat sebagai pengunjung terendah di perpustakaan. Analisis kebutuhan informasi dibutuhkan untuk mendapatkan data yang konkret mengenai apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh lansia sebagai patron pengguna perpustakaan. Fenomena tersebutlah yang menjadi perhatian peneliti untuk melakukan penelitian mengenai analisis kebutuhan informasi lansia di Kota Surabaya. Peneliti menggunakan konsep dari David Nicholas untuk menggambarkan mengenai karakteristik kebutuhan informasi serta hambatan yang ditemui ketika melakukan pemenuhan kebutuhan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Lokasi penelitian ini yaitu di Kota Surabaya, mengingat bahwa Kota Surabaya menempati peringkat ketiga sebagai kota dengan peringkat lansia tertinggi di Indonesia, serta dicanangkannya Kota Surabaya sebagai Kota Ramah Lansia, yang salah satu komponen penilaiannya adalah ramah dalam bidang informasi. Metode pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan lansia Kota Surabaya menyukai topik informasi Kesehatan, Religi dan Olahraga, dengan prosentase secara berurutan yakni sebesar 100%, 100% dan 89%. Diketahui pula bahwa lansia membutuhkan suatu informasi ketika sedang menghadapi masalah yang berkaitan dengan topik informasi terkait, yakni sebesar 52%. Lansia menyukai informasi cetak berupa koran yakni sebanyak 43% dan informasi elektronik berupa televisi sebanyak 73%. Sumber informasi yang sering lansia gunakan yakni teman, keluarga, dan pakar informasi, dengan prosentase secara berurutan yakni 70%, 65% dan 64%, dengan alasan bahwa sumber informasi tersebut mudah dijangkau. Kemudian, lansia memilih informasi yang berasal dari sudut pandang Pakar/Ahli Informasi dan menganggap informasi dari Pakar/Ahli sebagai informasi yang berkualitas, sebanyak 100%. Sebanyak 50% lansia menyatakan bahwa mendapatkan satu sumber informasi saja sudahlah cukup baginya. Selanjutnya lansia memilih untuk mendapatkan informasi yang disampaikan secara langsung (tatap muka) yakni sebesar 86% dan akan membagikan informasi yang didapatkannya tersebut kepada orang terdekatnya setelah ia mendapatkan informasi baru sebesar 62%. Diketahui pula bahwa waktu, biaya dan information overload tidaklah menjadi hambatan bagi lansia dalam mencari informasi, namun keahlian dalam mengakses serta jarak akses informasi menjadi hambatan khusus dan pertimbangan penting bagi lansia dalam mengakses informasi.

Keyword :

Analisis Kebutuhan Informasi, Lanjut usia, Kebutuhan Informasi, Perilaku Informasi,


References :

Hermawati, Istiana,(2015) Kajian tentang Kota Ramah Lanjut Usia - : Balai Besar Penelitian dan PengembanganPelayanan Kesejahteraan Sosial

Nicholas, David,(2000) Assessing Information Needs: Tools, Techniques and Concepts for the Internet age - : Aslib





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 3 / Pub. : 2016-03
  1. Kualitas Aplikasi Mobile Go Jek Di Kalangan Masyarakat Kota Surabaya (study Deskriptif Kualitas Dan Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi Aplikasi Go Jek)
  2. Respon Netizen Terhadap Meme Tentang Perpustakaan
  3. Kualitas Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung
  4. Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Disabilitas Pendengaran Di Pusat Studi Dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya Malang
  5. Continuing Professional Development (pengembangan Profesionalitas Berkelanjutan) Pada Profesi Pustakawan Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya
  6. Tingkat Burnout Pustakawan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Surabaya (studi Deskritif Mengenai Kondisi Tingkat Burnout Pustakawan Pada Perpustakaan Unair, Upt Perpustakaan Its, Perpustakaan Uk Petra, Perpustakaan Unika Widya Mandala)
  7. Konstruksi Identitas Diri Blogger Pada Blog Tentang Kepustakawanan
  8. Motivasi Siswa Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah Pada Sekolah Dasar (sd) Di Tulungagung (studi Deskriptif Tentang Motivasi Siswa Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah Pada Sd Negeri 1 Kampung Dalem, Sd Negeri Moyoketen, Dan Sd Islam Al-badar)
  9. Perilaku Penemuan Informasi (information Seeking Behavior) Siswa Sma Dalam Persiapan Memasuki Perguruan Tinggi
  10. Efektivitas Program Layanan Kartu Sakti Pada Fkp2tn Di Surabaya
  11. Tingkat Pemahaman Arsiparis Tentang Kesehatan Dan Keselamatan Kerja ( Studi Deskriptif Tingkat Pemahaman Arsiparis Tentang Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di Lembaga Kearsipan Daerah Istimewa Yogyakarta)
  12. Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling Bagi Pengguna Di Kota Surabaya
  13. Literasi Informasi Mahasiswa Teknik
  14. Makna Kuasa Pustakawan (studi Kualitatif Tentang Makna Kuasa Pustakawan Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur)
  15. Pemanfaatan Media Internet Oleh Anak Penyandang Disabilitas Netra Di Slb-ypab (yayasan Pendidikan Anak Buta) Di Kota Surabaya
  16. Pemanfaatan Internet Di Kalangan Uk Mapanza Unair Dalam Mengakses Informasi Reproduksi Sehat
  17. Kekuatan Musik Pada Perkembangan Zaman Di Perpustakaan
  18. Sikap Pustakawan Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Tentang Penulisan Karya Ilmiah
  19. Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Literasi Dini (early Literacy) Di Kabupaten Sidoarjo
  20. Analisis Kualitas Self-service Perpanjangan Online Di Perpustakaan Universitas Surabaya (ubaya)
  21. Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Pln Distribusi Jawa Timur
  22. Analisis Kebutuhan Informasi (information Need Assessment) Lansia Di Kota Surabaya
  23. Uji Recall And Precision Sistem Temu Kembali Informasi Opac Perpustakaan Its Surabaya
  24. Digital Information Fluency Pada Mahasiswa Universitas Airlangga
  25. Budaya Literasi Di Kalangan Komunitas Pramuka Buku
  26. Promosi Pepustakaan Menggunakan Jejaring Sosial Facebook (studi Deskriptif Mengenai Tanggapan Pengguna Terhadap Facebook Sebagai Media Promosi Perpustakaan Di Perpustakaan Universitas Airlangga)