UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

MOZAIK HUMANIORA

ISSN 2442-8469

Vol. 13 / No. 2 / Published : 2013-07

Order : 9, and page :197 - 208

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

(reconstruction on continuity of babad mangir traditions in indonesian literary works)

Author :

  1. Trisna Kumala Satya Dewi*1
  1. Dosen Fakultas Ilmu Budaya

Abstract :

AbstrakBabad  Mangir adalah  cerita  yang  menarik  untuk  diteliti   khususnya  dari  sudut  pandang  sastra dan  sejarah.  Sering  kali  para  sejarahwan  memperdebatkan  persoalan  historisitas  tokoh  Senapati Ing  Alaga  sebagai  pendiri  Kerajaan  Mataram  pada  abad  ke-16.  Penelitian  ini  berhubungan  erat dengan  kesinambungan  tradisi  Babad  Mangir  yang  ditulis  oleh  Pramoedya  Ananta  Toer.  Dalam karya Pramoedya, hubungan Mangir dan Mataram sebelumnya harmonis, yaitu ketika  Ki Ageng Pemanahan,  ayah  Sang  Senapati  masih  aktif  mengelola  pemukiman  di  Mataram.  Situasi  berubah ketika  cerita Mangir ini  dimulai.  Ketidakharmonisan  timbul  karena  Senapati  membutuhkan  daya tambahan untuk menopang gaya hidup istana yang mahal. Dari latar belakang ini, dua permasalahan yang  muncul  adalah  bagaimana  keberlanjutan  tradisi  Babad  Mangir  dan  bagian  Babad  seperti apa  yang  muncul  di  Babad  Mangir  tersebut.  Dari  sini,  tujuan  dari  penelitian  ini  yaitu,  pertama, untuk merekonstruksi keberlangsungan tradisi Babad Mangir dalam karya sastra Indonesia. Kedua, tujuannya  adalah  untuk  menjelaskan  bagian  Babad  yang  seperti  apa  yang  muncul  dalam  Babad Mangir.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  hermeneutika.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan bahwa  drama  Mangir,  karya  Pramoedya  Ananta  Toer  mengandung  tradisi  Babad  Mangir  yang direkonstruksikan dalam tulisan babad, misalnya, Serat Babad Mangir, dan Babad Tanah Jawi. Selain itu, aspek yang berkaitan dengan drama Mangir sangat berhubungan dengan legenda.  Legenda disini merupakan bagian dari tradisi Babad Mangir. Legenda tersebut meliputi Ki Ageng Mangir Wanabaya, Panembahan Senapati, Putri Pambayun, Baru Klinthing, Ki Juru Martani dan lain-lain.Kata kunci: Babad Mangir, karya sastra Indonesia, rekonstruksi, tradisiAbstractThe  present  study  attempts  to  examine  the  continuing  construction  of Babad  Mangir traditions  in Indonesian literary works written by Pramoedya Ananta Toer and the babad components. The method of analysis used in this research is hermeneutics. The research found several findings: first, Mangirdrama by Pramoedya Ananta Toer contains Babad Mangir traditions which can be reconstructed frombabad manuscripts, for example Serat Babad Mangir and Babad Tanah Jawi. Secondly, the aspects related to Mangir drama by Pramoedya Ananta Toer are associated with legend constituents. In this case the legend components belong to dominant babad traditions. In particular, the legends in Babad Mangirtraditions are Ki Ageng Mangir Wanabaya, Panembahan Senapati, Putri Pambayun, Baru Klinthing, Ki Juru Martani, and other traditions.Keywords: Babad Mangir, Indonesian literary works, reconstruction, traditions

Keyword :

Babad Mangir, Indonesian literary works, reconstruction, traditions,


References :

Dewi, N,(2003) Surviving Legend, Surviving “Unity in Diversity 72: 131-145. : Antropologi Indonesia





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 13 / No. : 2 / Pub. : 2013-07
  1. Corporate Strategies In The Spread Of Hallyu (korean Wave) In Indonesia
  2. Celebrity Status In Rcti’s Idola Cilik: The Consumption Of The Popular Media By Indonesian Children
  3. (the Glory Of Srivijaya’s Capital City Symbolized In Three Srivijaya Inscriptions In Palembang)
  4. (the Utilization Of Oral Tradition In The Era Of Creative Industry In Indonesia)
  5. Are Swear Words Always Perceived Negatively?: The Function Of Swearing In Arek Society And Mataraman Society
  6. (the Annulment Of Land Leasing In Vorstenlanden In 1823: A Case Of Kontra Lex Rei Sitae)
  7. Cross-dialectal Varieties In Phonological Processes Of Damascene Syrian Arabic And Tihami Yemeni Arabic
  8. Revisiting Social History Writing In Southeast Asia
  9. (constitutional System Of Madura State 1948-1950)
  10. (reconstruction On Continuity Of Babad Mangir Traditions In Indonesian Literary Works)