Catalog :




Detail Article

The International Journal Of Applied Business

ISSN -

Vol. 1 / No. 1 / Published : 2017-04

TOC : 2, and page :14 - 29

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis reaksi pasar terhadap pengumuman pergantian chief executive officer (ceo)

Author :

  1. Novyandri Taufik Bahtera*1
  1. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Abstract :

Penelitian ini menguji reaksi pasar terhadap pengumuman pergantian Chief Executive Officer (CEO) diukur dengan abnormal return. Sampel penelitian ini terdiri dari 55 pengumuman pergantian CEO dengan menggunakan uji-t untuk menguji kandungan informasi pengumuman tersebut. Penulis mengelompokkan pergantian kepada dua faktor: (1) proses pergantian (rutin dan nonrutin) dan (2) asal pengganti (inside dan outside). Pasar bereaksi positif signifikan terhadap pengumuman pergantian CEO secara rutin dengan asal pengganti dari dalam (inside) perusahaan. Reaksi yang berbeda terjadi pada pengumuman pergantian CEO rutin outside dan non rutin inside di mana pengumuman ditanggapi secara negatif dan signifikan. Pasar tidak bereaksi pada pengumuman pergantian CEO non rutin outside. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa investor di Indonesia bereaksi positif terhadap pergantian CEO rutin inside karena investor meyakini bahwa CEO baru akan melanjutkan strategi dan gaya kepemimpinan serta memiliki tingkat ketidakpastian yang lebih rendah. Reaksi negatif terhadap pergantian CEO rutin outside disebabkan karena pasar meyakini bahwa suksesor tersebut tidak akan meneruskan strategi CEO sebelumnya dan memiliki tingkat ketidakpastian yang tinggi. Penyebab reaksi negatif pasar terhadap pengumuman pergantian CEO non rutin inside adalah CEO pengganti akan melanjutkan gaya kepemimpinan yang lama dan secara bersama-sama bertanggung jawab terhadap kinerja buruk perusahaan. 

Keyword :

pergantian CEO, proses pergantian, asal pengganti,


References :

  1. Bodie, Z., Kane, A., and Marcus, A.J., (2003). Investments. 5th ed : United states of America: McGraw-Hill.
  2. Brigham, E.F., and Ehrhardt, M.C., (2011). Financial Management. 13th ed : United States of America: South-Western Cengage Learning.
  3. Clayton, M. J., Hartzell, J.C., and Rosenberg, J., (2003). The Impact CEO Turnover on Firm Volatility. - : (On-line) Available http://www.ssrn.com
  4. Cooper, D.R., And Schindler, P.S., (2011). Business Research Methods. 7th ed : Singapore: McGraw Hill.
  5. Dahya, J., and Mc Connell, J.J., (2003). Outside directors and Corporate Board Decisions. Paper, Presented. 63th : Annual Meeting American Finance Association at Washington DC
  6. Dahya, J., Mc Connell, J.J., and Travlous, N.G., (2002). The CadburryCommittee, Corporate Turnover and Top Management Turnover. 57:461- 483 : Journal of Finance
  7. Dalton, D. R. and I. F. Kesner, (1985). Organizational performance as an antecedent of inside/outside chief executive succession: An empirical assessment.. 28, 749-762 : Academy of Management Journal


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 1 / No. : 1 / Pub. : 2017-04
  1. Struktur kepemilikan dan kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur di indonesia
  2. Analisis reaksi pasar terhadap pengumuman pergantian chief executive officer (ceo)
  3. Evaluation analysis of airlangga university faculty of vocational education’s brand equity using customer based brand equity concept
  4. Analyzing The Strategic Alignment Between Information System Technology And Business Process In Small Medium Enterprise (sme) Using Framework Cobit 4.1– A Case Study In Universal Trading, Surabaya
  5. Pengujian Kekuatan Model Carhart Empat Faktor Terhadap Excess Return Saham Di Indonesia