Catalog :



Detail Article

INSAN Media Psikologi

ISSN 1411-2671 (Cetak); 2310-7945 (Online)

Vol. 8 / No. 2 / Published : 2006-08

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Problematika Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Kasus Guru Sekolah Dasar di Kota Surabaya)

Problematika Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Kasus Guru Sekolah Dasar di Kota Surabaya)

Author :

  1. Nono Hery Yoenanto --> Fakultas Psikologi Universitas Airlangga / nono_herry@unair.ac.id

Abstract :

Tujuan dari penelian ini untuk mengetahui secara komprehensif tentang 1) sejauhmana pemahaman guru tentang kurikulum berbasis kompetensi, 2)faktor-faktor menjadi pendukung dan penghambat bagi guru dalam melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetens, 3) problematika guru dalam melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu:1) angket terbuka, untuk menggali lebih jauh faktor-faktor yang menjadi penghambat (internal dan eksternal) dan pendukung (internal dan eksternal) serta problematika yang dialami guru dalam implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. 2)Wawancara mendalam, Subyek penelitian sebanyak 18 guru yang diberi kuesioner dan 4 guru yang diwawancarai. Metode analisis datanya dengan cara: 1) untuk angket terbuka dibuat daftar jawaban masing-masing fokus penelitian dan dengan mentabulasi masing-masing jawaban dan diurutkan skala prioritas berdasarkan frekuensi yang terbanyak, 2) untuk wawancara mendalam, dari hasil proses wawancara dibuat ringkasan dengan menjodohkan antar subyek (pattern maching) kemudian pembuatan penjelasan (explanation building). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) guru memiliki pemahaman yang cukup baik tentang KBK, 2) faktor pendukung dalam pelaksanaan KBK antara lain: a) kreatifitas guru, b)kemampuan guru, c)penguasaan materi yang baik, d) pendidikan guru, e) media pengajaran/alat peraga dan sarana PBM yang memadai, f) orang tua yang kooperatif, g) lingkungan sekolah dan ruang kelas yang nyaman dan h) kreativitas siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan KBK yaitu: a) kurang penguasaan materi dalam mengajar, b) guru kurang kreatif, c) kurang minatnya dalam pengajaran model KBK, d) kurang memahami konsep KBK, e) administrasi pekerjaan guru spt membuat silabi & penilaian terlalu banyak, f) jumlah siswa yang terlalu banyak, g) alat peraga yang kurang memadai dan h) evaluasi yang terlalu rumit serta 3) problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan KBK antara lain: a) jumlah murid terlalu banyak/kurang ideal untuk model KBK, b) Pemahaman guru tentang KBK yang masih lemah, c) Media yang terbatas/kurang menunjang menghambat PBM, d)Lembar evaluasi untuk non tugas dan portofolio belum siap pakai, e) Guru masih menggunakan metode mengajar model lama, f) Siswa yang memiliki IQ rendah, kurang siap mengikuti KBK, SDM guru yang masih belum cukup memadai, g) kesiapan guru, sekolah dan orangtua dalam KBK masih kurang memadai dan h)Guru kurang kreatif.

Keyword :

kurikulum berbasis kompetensi, problematika guru ,


Daftar Pustaka :



       


    Archive Article

    Cover Media Content

    Volume : 8 / No. : 2 / Pub. : 2008-03
    1. Ideology, Mortality Salience And Sacred Violence: A Theoritical Model
    2. The Self-construal Of Students At A Private Higher Learning Institution
    3. The Family Acceptance To The Mentally Retarded Child
    4. The Siblings Of Autism Child And Their Role In Therapy For Their Autism Siblings
    5. The Effect Of Pregnant Gymnastic As A Prenatal Care On Degradation Of Anxiety In Facing The First Childbirth
    6. Problematika Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (studi Kasus Guru Sekolah Dasar Di Kota Surabaya)