Catalog :



Detail Article

Commonline

ISSN :

Vol. 1 / No. 2 / Published : 2013-02

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

REPRESENTASI GAYA HIDUP WANITA KOSMOPOLITAN PADA MAJALAH DEWI

REPRESENTASI GAYA HIDUP WANITA KOSMOPOLITAN PADA MAJALAH DEWI

Author :

  1. Reita Tri Indriani --> mahasiswa / rereireita@gmail.com

Abstract :

  ABSTRAK Penelitian ini berfokus menggambarkan gaya hidup wanita kosmopolitan pada majalah Dewi. Obyek penelitian merupakan majalah Dewi karena fashion and lifestyle magazine terbitan Indonesia namun mengusung tagline Gaya Kosmopolitan yang identik dengan globalisasi. Gambaran tersebut diperoleh melalui busana, tata rias dan tata rambut juga hobi wanita yang ada pada majalah Dewi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif peneliti memilih teknik analisis tekstual semiotik C.S. Pierce. Gaya hidup wanita kosmopolitan ditunjukkan melalui penggunaan busana yang dianggap tren dengan musim global, merupakan rancangan dari desainer terkenal baik dalam maupun luar negeri. Melalui tata rias dan rambut, mereka digambarkan sebagai kelompok orang yang menyukai teknik merias wajah menjadi tren dunia, menonjolkan sisi, elegan, seksi dan memikat serta mendukung kegiatan pesta. Hobi wanita digambarkan bahwa memliki gaya hidup yang melakukan kegaiatan wisata mewah di luar negeri, menghabiskan waktu untuk menyicip menu dan restoran di luar negeri, mengoleksi perabot rumah tangga dengan label internasional. Kata kunci: semiotik, gaya hidup, wanita kosmopolitan, majalah Dewi 

Keyword :

semiotika, gaya hidup, wanita kosmopolitan, majalah dwi,


Daftar Pustaka :

  1. Baria, Ludfy, (2005). Media Meneropong Perempuan Jakarta : Konsorsium Swara Perempuan. Jakarta : Konsorsium Swara Perempuan
  2. Barnard, Malcolm. , (2011). Fashion sebagai Komunikasi: Cara Mengkomunikasikan Identitas, Sosial, Seksual, Kelas, dan Gender. Yogyakarta : Jalasutra
  3. Burton, Graeme. , (2012). Media dan Budsaya Populer. Yogyakarta : Jalasutra
  4. Ibrahim, Idi Subandy. , (2007). Budaya Populer sebagai Komunikasi : Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia. Yogyakarta : Jalasutra.
  5. Macdonald, Myra, (1995). Representing Women : Myths of Feminity in the Popular Media, . Britain : Edward Arnold


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : / No. : / Pub. :