Catalog :



Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN : 2301-7090

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-12

TOC : 1, and page :129 - 138

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

The Effect of Shopping Orientation Toward Online Purchase Intention of Apparel Product in Online Shopper

PENGARUH ORIENTASI BELANJA TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN SECARA ONLINE PADA PENGGUNA ONLINE SHOP

Author :

  1. Distiani Fitria Kusuma --> - / distiani-f-k-08@psikologi.unair.ac.id
  2. Berlian Gressy Septarini, M.Psych --> - / -

Abstract :

Masuknya internet menjadi salah satu bagian dalam kegiatan berbelanja individu membawa perubahan tersendiri, salah satunya adalah orientasi belanja individu. Orientasi belanja merupakan pengkarakteristikan individu yang ditekankan secara khusus pada kegiatan berbelanja yang menggambarkan kebutuhan dan keinginan individu ketika melakukan kegiatan berbelanja (Shim Kotsiopulos, 1993, dalam Seock, 2003). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh orientasi belanja terhadap intensi pembelian secara online. Penelitian ini dilakukan pada pengguna internet khususnya pada jejaring sosial Facebook, dengan sampel awal sebanyak 279, kemudian disaring menjadi 208 berdasarkan kriteria produk yakni pakaian. Adapun subjek yang menjadi sampel penelitian ini adalah sebanyak 197 orang dengan sebaran 18 orang pria dan 179 orang wanita. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Regresi Berganda dan ditemukan bahwa orientasi berlanja mempengaruhi intensi pembelian secara online, serta penelitian ini juga ditemukan bahwa orientasi shopping enjoyment, convenience/time consciousness dan in-home shopping tendency memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi pembelian secara online, sedangkan brand/fashion consciousness, price consciousness, shopping confidence dan brand/store loyalty tidak memberikan pengaruh yang signifikan.

Keyword :

intensi pembelian secara online, orientasi belanja, shopping enjoyment, convenience / time consciousness, in-home shopping tendency,


Daftar Pustaka :

  1. Assael, Henry, (2001). Consumer Behavior 6 th. Edition. New York : Thomson-. Learning


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-12
  1. The Effect Of Shopping Orientation Toward Online Purchase Intention Of Apparel Product In Online Shopper
  2. Perbedaan Penilaian Tingkat Kepentingan Dimensi Kualitas Layanan Ditinjau Dari Persepsi Resiko (perceived Risk) Dan Loyalitas Pelanggan Online Shop Di Facebook
  3. The Relation Between Organizational Support And Trait Anxiety With Performance Pump It Up Speeder Player In Surabaya
  4. Makna Kerja (meaning Of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta
  5. Kepercayaan Organisasi Pada Karyawan Kebun Binatang Surabaya
  6. Relationship Between Customer Satisfaction With Word Of Mouth For Customer On Beauty Clinic London Beauty Centre
  7. The Relationship Between Work Engagement And Work-family Conflict On Working Women
  8. Hubungan Antara Keadilan Distributif Dengan Perilaku Kerja Kontraproduktif Pada Sales Pt. United Indo Surabaya Dengan Mengontrol Leader Member Exchange (lmx)