Catalog :



Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN : 2301-7090

Vol. 1 / No. 3 / Published : 2012-12

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

The Effect of Shopping Orientation Toward Online Purchase Intention of Apparel Product in Online Shopper

PENGARUH ORIENTASI BELANJA TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN SECARA ONLINE PADA PENGGUNA ONLINE SHOP

Author :

  1. Distiani Fitria Kusuma --> - / distiani-f-k-08@psikologi.unair.ac.id
  2. Berlian Gressy Septarini, M.Psych --> - / -

Abstract :

Masuknya internet menjadi salah satu bagian dalam kegiatan berbelanja individu membawa perubahan tersendiri, salah satunya adalah orientasi belanja individu. Orientasi belanja merupakan pengkarakteristikan individu yang ditekankan secara khusus pada kegiatan berbelanja yang menggambarkan kebutuhan dan keinginan individu ketika melakukan kegiatan berbelanja (Shim Kotsiopulos, 1993, dalam Seock, 2003). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh orientasi belanja terhadap intensi pembelian secara online. Penelitian ini dilakukan pada pengguna internet khususnya pada jejaring sosial Facebook, dengan sampel awal sebanyak 279, kemudian disaring menjadi 208 berdasarkan kriteria produk yakni pakaian. Adapun subjek yang menjadi sampel penelitian ini adalah sebanyak 197 orang dengan sebaran 18 orang pria dan 179 orang wanita. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Regresi Berganda dan ditemukan bahwa orientasi berlanja mempengaruhi intensi pembelian secara online, serta penelitian ini juga ditemukan bahwa orientasi shopping enjoyment, convenience/time consciousness dan in-home shopping tendency memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi pembelian secara online, sedangkan brand/fashion consciousness, price consciousness, shopping confidence dan brand/store loyalty tidak memberikan pengaruh yang signifikan.

Keyword :

intensi pembelian secara online, orientasi belanja, shopping enjoyment, convenience / time consciousness, in-home shopping tendency,


Daftar Pustaka :

  1. Assael, Henry, (2001). Consumer Behavior 6 th. Edition. New York : Thomson-. Learning


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 1 / No. : 3 / Pub. : 2012-12
  1. Relationship Between Perceived Transformational Leadership And Employees’ Productive Behavior
  2. Leadership In Teams On Successful In Pt.dbl Indonesia
  3. Job Stress Differences Seen From Work Shift In Nurses At Dr. Soetomo Hospital Surabaya
  4. Relationship Between Employee Perceptions Of Supervisor Participative Leadership Styles To Performance In The Muji Rahayu Hospital Employees Surabaya
  5. Correlation Between Transformasional Leadership And Organizational Commitment Of Divisi Production Pt. Gunawan Dianjaya Steel Surabaya
  6. The Relationship Between Adversity Quotient And Turnover Intention Of Emergency Department Nurses In Rsup Sanglah Denpasar
  7. The Effect Of Shopping Orientation Toward Online Purchase Intention Of Apparel Product In Online Shopper
  8. Perbedaan Penilaian Tingkat Kepentingan Dimensi Kualitas Layanan Ditinjau Dari Persepsi Resiko (perceived Risk) Dan Loyalitas Pelanggan Online Shop Di Facebook
  9. The Relation Between Organizational Support And Trait Anxiety With Performance Pump It Up Speeder Player In Surabaya
  10. Makna Kerja (meaning Of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta
  11. Kepercayaan Organisasi Pada Karyawan Kebun Binatang Surabaya
  12. Relationship Between Customer Satisfaction With Word Of Mouth For Customer On Beauty Clinic London Beauty Centre
  13. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Masa Persiapan Pensiun Pada Karyawan Pt Pupuk Kaltim