Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-09

TOC : 6, and page :49 - 59

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Gambaran self-regulated learning pada mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester di fakultas psikologi universitas airlangga

Author :

  1. Radhyan Hardhito*1
  2. Tino Leonardi*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran self-regulated learning pada mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Zimmerman (1986) menjelaskan self-regulated learning sebagai kemampuan individu untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajarannya secara mandiri. Zimmerman (1989) juga menjelaskan bahwa seorang pembelajar yang dapat melakukan regulasi diri dalam belajar adalah seorang yang menerapkan strategistrategi belajar untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Penelitian ini akan menggambarkan self-regulated learning mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester menggunakan skala yang disusun secara mandiri oleh penulis. Skala tersebut memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,921 dengan total 38 aitem. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif dengan total subjek sebanyak 115 mahasiswa. Jumlah subjek tersebut merupakan hasil perhitungan sampel minimal dengan taraf kepercayaan sebesar 95% dari total populasi berjumlah 161 mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Hasil penelitian menunjukan bahwa 60,87% subjek terkategori memiliki self-regulated learning yang sedang, 32,17% subjek terkategori tinggi, dan 6,96% subjek terkategori rendah. Artinya, mayoritas dari seluruh subjek penelitian memiliki self-regulated learning sedang. Senada dengan kategori self-regulated learning secara umum, mayoritas mahasiswa jika ditinjau pada taraf aspek, yaitu personal, perilaku, dan lingkungan juga berada pada kategori sedang.

Keyword :

mahasiswa, skripsi, self-regulated learning,


References :

  1. Zimmerman, B. J & Martinez-Ponz, M., (1986). Development of a structured interview for assessing student use of self-regulated learning strategies. 23.4.641-628 : American Educational Research Journal


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-12
  1. Hubungan antara school bonding dengan kecenderungan melakukan bullying pada siswa sekolah menengah atas
  2. Perbedaan kemandirian pada remaja yang berstatus sebagai anak tunggal ditinjau dari persepsi pola asuh orangtua
  3. Perbedaan student well-being ditinjau dari persepsi siswa terhadap perilaku internasional guru
  4. Perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan kontrol diri pada mahasiswa
  5. Hubungan antara hardiness dengan adaptabilitas karir pada siswa smk kelas xii
  6. Gambaran self-regulated learning pada mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester di fakultas psikologi universitas airlangga
  7. Strategi orang tua dalam mengoptimalkan potensi seni anak berbakat istimewa