Catalog :




Information Etnolingual

Pedoman Penulisan dan Gaya Selingkung

A. Penyiapan Naskah dan Gaya Selingkung


Petunjuk untuk Penyiapan manuskrip

·      Sebagai bagian dari proses, penulis diharuskan memeriksa kembali kelengkapan manuskrip sesuai dengan butir-butir yang tertera sebagai berikut:

-          Artikel belum pernah dipublikasikan oleh media lain dan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis bahwa artikel yang dikirim tidak berunsur plagiat.

-    Artikel dapat berupa hasil penelitian (lapangan, kepustakaan), gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, atau resensi buku.

-     Penulis adalah mahasiswa magister atau doktoral dari universitas dalam dan luar negeri.

-    Penulis adalah peneliti yang berafiliasi dengan lembaga penelitian, baik lembaga pemerintahan maupun lembaga swadaya masyarakat.

B. Petunjuk untuk penulis


Bahasa

-   Artikel harus dituliskan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.


Pengumpulan Manuskrip

-  Manuskrip dikirimkan dalam bentuk lampiran surel (format .word dan pdf)

-  Abstrak ditulis di dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan panjang tidak lebih dari 250 kata.

-   Kata kunci tidak melebihi 5 kata.


Informasi Penulis

-   Penulis mencantumkan institusi tempat berada pada saat pengiriman manuskrip, minat kajian, nomor kontak yang bisa dihubungi dan alamat surel.


Format manuskrip

-     Terdiri dari  5000 - 8000 words (tidak termasuk Abstrak, Kata Kunci, and Pustaka Acuan).

-    Manuskrip ditulis dalam font Times New Roman or Calibri, 11 point, 1.5 space, margin 3-3-3-3 di MS Word 2003 atau versi yang lebih mutakhir.

-   Manuskrip diawali dengan bagian Pendahuluan yang menjelaskan latar belakang penelitian, alasan pemilihan topik, identifikasi rumusan masalah, dan tujuan penulisan.

-      Bagian kedua dari manuskrip adalah kajian pustaka dan metode penelitian

-   Bagian ketiga dari manuskrip adalah pembahasan yang terdiri dari penjabaran hasil temuan dan interpretasi dari hasil temuan tersebut

-   Bagian akhir manuskrip merupakan bagian simpulan yang menegaskan hasil analisis, rekomendasi (jika ada), dan pernyataan bagaimana penelitian tersebut dapat berkontribusi pada keilmuan dan pertukaran gagasan


Singkatan

-   Singkatan seperti “&”, “e.g, etc., dan i.e.” tidak boleh digunakan. Sebaiknya singkatan-singkatan tersebut dituliskan lengkap seperti”for example, and, see, etcetera, and that is. Singkatan nama instansi seperti LIPI, Kemdiknas, LSM, TNI dapat digunakan hanya jika nama tersebut muncul lebih dari sekali di dalam mnuskrip; pada kemunculan pertama, dituliskan nama lengkap dan disertai singkatan yang tertulis di dalam kurung, sebagai contoh, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).


Simbol Khusus

-       Jika penulis menggunakan diakritik atau simbol khusus lainnya, atau font khusus seperti Kawi atau Arab, mohon menghubungi Etnolingual untuk instruksi lebih lanjut.


Penggunaan huruf miring

-    Judul buku dan jurnal ditulis miring. Semua kata yang bukan bahasa utama yang digunakan dalam kajian ditulis miring (vereniging, warung, merantau), kecuali kata-kata tersebut dapat digolongkan kedalam kata serapan seperti gamelan. Nama-nama yang sudah ditulis dengan huruf kapital tidak dicetak miring seperti Taman Hiburan Rakyat, East India Company, Vereenig de Oost-IndischeCompagnie.


Nama-Nama

-    Jika nama seseorang disebutkan untuk pertama kalinya, nama tersebut harus memaksukkan nama depan atau inisial. Contohnya: P.G.J. van Sterkenburg, Pramoedya Ananta Toer.

-   Artikel seperti van, ter, de yang terdapat pada nama-nama Belanda harus ditulis dengan huruf kapital, seperti: Van der Capellen, Ter Aar, De Vries.


Penulisan Tanggal

-   Di dalam manuskrip, format penulisan tanggal mengikuti sebagai berikut: 8 April 2009; di dalam catatan dan 8-4-2009 di dalam pustaka acuan.


Kutipan dan Daftar Referensi

-          Kutipan dan daftar referensi menggunakan gaya kutip APA (6th edition)

 

 


 

 Manuskrip ditulis sesuai dengan gaya selingkung yang telah dijabarkan di dalam Author Guidelines yang dapat ditemukan di bagian About the Journal. Manuskrip akan dikembalikan kepada penulis apabila ditemukan ketidaksesuaian dengan butir-butir tersebut

Pedoman Penulisan dan Gaya Selingkung

3.1 Petunjuk untuk penulis

Bahasa

-   Artikel harus dituliskan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Pengumpulan Manuskrip

-  Manuskrip dikirimkan dalam bentuk lampiran surel (format .word dan pdf)

-  Abstrak ditulis di dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan panjang tidak lebih dari 250 kata.

-   Kata kunci tidak melebihi 5 kata.

Informasi Penulis

-          Penulis mencantumkan institusi tempat berada pada saat pengiriman manuskrip, minat kajian, nomor kontak yang bisa dihubungi dan alamat surel.

Format manuskrip

-       terdiri dari  5000 - 8000 words (tidak termasuk Abstrak, Kata Kunci, and Pustaka Acuan).

-       Manuskrip ditulis dalam font Times New Roman or Calibri, 11 point, 1.5 space, margin 3-3-3-3 di MS Word 2003 atau versi yang lebih mutakhir.

-       Manuskrip diawali dengan bagian Pendahuluan yang menjelaskan latar belakang penelitian, alasan pemilihan topik, identifikasi rumusan masalah, dan tujuan penulisan.

-       Bagian kedua dari manuskrip adalah kajian pustaka dan metode penelitian

-       bagian ketiga dari manuskrip adalah pembahasan yang terdiri dari penjabaran hasil temuan dan interpretasi dari hasil temuan tersebut

-       Bagian akhir manuskrip merupakan bagian simpulan yang menegaskan hasil analisis, rekomendasi (jika ada), dan pernyataan bagaimana penelitian tersebut dapat berkontribusi pada keilmuan dan pertukaran gagasan

Singkatan

-          Singkatan seperti “&”, “e.g, etc., dan i.e.” tidak boleh digunakan. Sebaiknya singkatan-singkatan tersebut dituliskan lengkap seperti”for example, and, see, etcetera, and that is. Singkatan nama instansi seperti LIPI, Kemdiknas, LSM, TNI dapat digunakan hanya jika nama tersebut muncul lebih dari sekali di dalam mnuskrip; pada kemunculan pertama, dituliskan nama lengkap dan disertai singkatan yang tertulis di dalam kurung, sebagai contoh, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Simbol Khusus

-          Jika penulis menggunakan diakritik atau simbol khusus lainnya, atau font khusus seperti Kawi atau Arab, mohon menghubungi Etnolingual untuk instruksi lebih lanjut.

Penggunaan huruf miring

-          Judul buku dan jurnal ditulis miring. Semua kata yang bukan bahasa utama yang digunakan dalam kajian ditulis miring (vereniging, warung, merantau), kecuali kata-kata tersebut dapat digolongkan kedalam kata serapan seperti gamelan. Nama-nama yang sudah ditulis dengan huruf kapital tidak dicetak miring seperti Taman Hiburan Rakyat, East India Company, Vereenig de Oost-IndischeCompagnie.

Nama-Nama

-          Jika nama seseorang disebutkan untuk pertama kalinya, nama tersebut harus memaksukkan nama depan atau inisial. Contohnya: P.G.J. van Sterkenburg, Pramoedya Ananta Toer.

-          Artikel seperti van, ter, de yang terdapat pada nama-nama Belanda harus ditulis dengan huruf kapital, seperti: Van der Capellen, Ter Aar, De Vries.

Penulisan Tanggal

-       di dalam manuskrip, format penulisan tanggal mengikuti sebagai berikut: 8 April 2009; di dalam catatan dan 8-4-2009 di dalam pustaka acuan.

Kutipan dan Daftar Referensi

-          Kutipan dan daftar referensi menggunakan gaya kutip APA (6th edition)

 

3.2 Penyiapan Naskah dan Gaya Selingkung

Petunjuk untuk Penyiapan manuskrip

·      Sebagai bagian dari proses, penulis diharuskan memeriksa kembali kelengkapan manuskrip sesuai dengan butir-butir yang tertera sebagai berikut:

-          Artikel belum pernah dipublikasikan oleh media lain dan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis bahwa artikel yang dikirim tidak berunsur plagiat.

-          Artikel dapat berupa hasil penelitian (lapangan, kepustakaan), gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, atau resensi buku.

-          Penulis adalah mahasiswa magister atau doktoral dari universitas dalam dan luar negeri.

-          Penulis adalah peneliti yang berafiliasi dengan lembaga penelitian, baik lembaga pemerintahan maupun lembaga swadaya masyarakat

·      Manuskrip akan dikembalikan kepada penulis apabila ditemukan ketidaksesuaian dengan butir-butir tersebut

-       Manuskrip ditulis sesuai dengan gaya selingkung yang telah dijabarkan di dalam Author Guidelines yang dapat ditemukan di bagian About the Journal

2016-10-18, Source : Redaksi