UNIVERSITAS AIRLANGGA



Information Media Gizi Kesmas

Guide For Author

PEDOMAN PENULISAN AUTHOR

MEDIA GIZI KESMAS


Media Gizi Kesmas hanya menerbitkan artikel asli yang berkaitan dengan semua disiplin ilmu gizi.Artikel akan dipertimbangkan untuk dipublikasikan dengan syarat belum pernah dipublikasikan ataudikirimkan ke jurnal lain. Artikel dapat diklasifikasikan sebagai laporan penelitian atau kajian pustakayang dapat membantu pembaca memperoleh informasi tentang isu gizi maupun berbagai kajiandalam ilmu gizi. Artikel juga harus mendukung kemajuan ilmu pengetahuan, pendidikan danpengembangan praktik ilmu gizi. Naskah akan diterbitkan dalam Bahasa Indonesia atau BahasaInggris, oleh karena itu penulis wajib memastikan bahwa naskah yang dikumpulkan sesuai dengankaidah penulisan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan tidak terdapat kesalahan penulisan kata.Panjang naskah yang dikumpulkan juga harus proporsional.Dikarenakan kebijakan redaksi, setiap artikel akan dilakukan review dengan metode tertutup (blinded)maka setiap manuscript submission harus menyiapkan:a. Title Pageb. Body ManuskripNaskah diserahkan dalam bentuk softcopy melalui e-mail: medgizi.airlangga@gmail.com.Naskah harus diketik menggunakan program MS Word, font Arial, ukuran 14 pt untuk judul,dan 10 pt untuk selain judul, 1 kolom, singlespace dengan margin kiri, kanan, atas, dan bawah2,5 cm. Judul diketik dengan huruf tebal, sedangkan nama latin diketik dalam huruf miring(italic). Panjang artikel tidak boleh kurang dari 5 halaman dan tidak melebihi 20 halaman.Penulis juga harus mengikuti pedoman penyusunan naskah sesuai jenis naskah yang akandipublikasikan.A. BAGIAN TITLE PAGE1) Judul Manuskrip:Harus singkat, spesifik dan informatif. Judul maksimum terdiri dari 20 kata (tidak melebihi80 huruf dan spasi) dengan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata sesuai EjaanYang Disempurnakan dan letak center. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia (tidak cetakmiring) dan bahasa Inggris (cetak miring).2) PenulisMencakup nama lengkap penulis, afiliasi penulis, nama dan alamat afiliasi, dan ditulisurut dengan menggunakan simbol nomor ( 1 ).3) Kontribusi setiap penulis dalam manuskripTuliskan kontribusi dari setiap penulis dalam menyelesaikan pembuatan manuskrip.4) Institusi:Instansi asal dari setiap penulis.5) Alamat Korespondensi:Berisi rincian data penulis yang bertanggung jawab dengan alamat rinci dan e-mail (terdiridari nama lengkap, nama institusi, alamat, nomor telepon, nomor fax., dan alamat email).6) Etik PenelitianMenjelaskan bahwa manuskrip dari hasil penelitian harus sudah lulus uji etik penelitian.B. BODY MANUCSRIPTMedia Gizi Kesmas menerima dua jenis manuskrip yaitu manuskrip dari hasil penelitian danmanuskrip dari literature review dengan berbeda format penulisan. Format penulisan setiapmanuskrip sebagai berikut:


1. FORMAT PENULISAN MANUSKRIP DARI HASIL PENELITIAN

• Judul ManuskripHarus singkat, spesifik dan informatif. Judul maksimum terdiri dari 20 kata (tidakmelebihi 80 huruf dan spasi) dengan huruf kapital pada huruf pertama setiap katasesuai Ejaan Yang Disempurnakan dan letak center. Judul ditulis dalam bahasaIndonesia (tidak cetak miring) dan bahasa Inggris (cetak miring).
• Abstrak (Bahasa Indonesia) harus terstruktur dengan deskripsi singkat (berisi tidaklebih dari 250 kata, diformat dalam singlespace, dan hanya satu paragraf). Abstrakharus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Catatan kaki, referensi,dan singkatan tidak digunakan dalam abstrak. Abstrak dalam laporan penelitianharus terdiri dari "Latar Belakang:", "Tujuan:", "Metode:", "Hasil:" dan"Kesimpulan:" diketik dengan huruf tebal dalam satu paragraf. Abstract dalambahasa Inggris harus terdiri dari “Background”, “Objective”, “Methods”,“Results”, dan “Conclusion”

• Kata kunci berisi 3-5 kata dan/atau frase dan harus ditulis di bawah abstrak. Katakunci harus ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan kata ataukalimat sesuai dengan standar ilmiah.

• Pendahuluan terdiri dari latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan danmanfaat penelitian.

• Metode berisi deskripsi yang jelas pada alat dan bahan yang digunakan dan skemapenelitian serta metode yang berguna bagi peneliti lainnya untuk melakukan replikasidan memeriksa validitas jika diperlukan. Referensi harus diberikan pada metode yangdigunakan. Studi yang menggunakan subyek hewan atau manusia harus menuliskanbukti etika penelitian yang berlaku.

• Hasil dan Pembahasan harus disajikan secara akurat dan ringkas dalam urutanlogis dengan jumlah tabel dan ilustrasi yang diperlukan untuk meringkas hasil pentingpenelitian. Tabel harus dibuat secara horizontal (tanpa pemisahan garis vertikal).Persamaan matematika harus ditulis dengan jelas. Jika simbol matematika tidaktersedia di komputer, simbol dapat ditulis tangan dengan pensil. Angka desimalharus dipisahkan dengan koma (,) jika artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia. Tabel,ilustrasi, dan foto-foto harus dikutip dalam naskah secara urut dan dipisahkan dariteks naskah. Judul dan penjelasan rinci dari ilustrasi (gambar, grafik) ditulis dalamlegenda untuk ilustrasi, tidak pada ilustrasi tersebut. Semua singkatan non-standaryang digunakan harus dijelaskan dalam catatan kaki. Pembahasan menjelaskan artidari hasil penelitian, tidak mengulangi hasil, bagaimana hasil yang dilaporkan dapatmemecahkan masalah, perbedaan dan kesamaannya dengan studi yang telahdilakukan sebelumnya, dan kemungkinan pengembangan studi. Bagian ini harusmencakup kelebihan, kekurangan dan kesimpulan dari hasil penelitian.

• Kesimpulan adalah jawaban atas perumusan pertanyaan yang ditanyakan padaakhir pengantar. Kesimpulan harus didasarkan pada hasil dan diskusi yang dijelaskansebelumnya. Tambahkan saran atau umpan balik untuk penelitian lebih lanjut.

• Acknowledgement untuk semua kontributor penelitian, jika ada, harus dinyatakansecara singkat pada naskah sebelum referensi.

• Referensi harus diatur sesuai dengan sistem Nature. Pengelola jurnal menyarankanpenulis untuk menggunakan aplikasi khusus penulisan referensi Mendeley ataulainnya (misalnya : Endnote, Zotero, ReffWorks). Silahkan menggunakan Mendeleysebagai Manager Citation dan pilih Nature Style. Untuk Submit, kami mewajibkanpenulis untuk menyertakan file BibTex yang dapat di simpan dari Mendeley sebagaifile pelengkap.

• Referensi harus diberi nomor berurutan sesuai urutan di mana sitasi pertama kalidisebutkan dalam teks, dituliskan dengan superscript dan diletakkan pada akhir teksdalam numerik bukan dalam urutan abjad. Referensi harus valid, 80% berasal daripublikasi dalam 10 tahun terakhir dan mengandung setidaknya 40% referensi primer(dari jurnal, tesis, disertasi, dan dokumen paten). Sumber yang tidak dipublikasikan,seperti naskah dalam tahap persiapan atau komunikasi pribadi tidak dapat diterimasebagai referensi. Hanya sumber yang dikutip dalam teks yang muncul dalam daftarreferensi. Nama penulis harus ditulis secara konsisten. Nomor dan volume jurnalharus disertakan. Edisi, penerbit, kota, dan nomor halaman dari buku teks harus disertakan. Referensi download dari internet, mencakup waktu akses dan alamatweb, juga harus disertakan. Singkatan dari nama jurnal harus ditulis dengan lengkap.Semua laporan penelitian harus memiliki lebih dari 10 referensi.

Format sitasi artikel jurnal:

1. Sylvia, A. B., RoseAnn, M. & John, B. K. Hygiene practices and foodcontamination in managed food service facilities in Uganda. African J. FoodSci. 9, 31–42 (2015).

2. E, A. S. A. H., Hussein, H., W, A. F., E, E. S. & Wasfy, A. Hygienic PracticesAmong Food Handlers in Dubai. Int. J. Prev. Med. Reserach 1, 101–108(2015).

Format sitasi buku:

1. Adriani, M., Wirjatmadi, B. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. (PenerbitKencana, 2014).

2. Kuntoro. Metode Sampling dan Penentuan Besar Sampel. (Pustaka MelatiIKAPI, 2008).

Format sitasi publikasi elektronik:

1. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. SituasiKesehatan Kerja 2015. (2015). Available at:http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/%0Ainfodatin/InfoDatin-2015.pdf.%0A.

2. International Labour Organization. Keselamatan dan kesehatan kerja. (2013).Available at: http://www.ilo.org/wcmsp5/groups /public/-asia/-ro-bangkok/-ilo-jakarta/documents/publication/wcms_237650.pdf. (Accessed: 31st January2018)

Format sitasi prosiding:

1. Idrus Jus’at. Penyimpangan positif masalah KEP di Jakarta Utara dan diPedesaan Kabupaten Bogor Jawa Barat. in Prosiding WNPG VII 153–156(Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2000).

2. Rachmah, Q., Wantanee, K. Energy Distribution Of Macronutrient AmongAdolescents In Indonesia: Secondary Analysis Of Total Diet Study Data. in 4thAsian Academic Society International Conference (AASIC) 2016 170–176(2016).

Format sitasi skripsi, tesis, dan disertasi:

1. Umasangaji, M. Hubungan Antara Asupan Energi Protein, Status Gizi DenganKesegaran Jasmani Pada Anggota Klub Tenis Meja Satelit Dan Salero StarKota Ternate. (Universitas Politeknik Kesehatan, 2012).

2. Swasono, M. A. Optimasi Pengolahan Kaldu Ayam dan Brokoli dalam BentukInstan dan Analisa Biaya Produksi. (Universitas Brawijaya, 2008).

Format sitasi paten:

1. Herdian H, Pudjiono PI, Angwar M. Sari tempe kental manis dan prosespembuatannya. HC-H3.02.P01.012.1796/2006.

 

2. FORMAT PENULISAN MANUSKRIP LITERATURE REVIEW

• Judul ManuskripHarus singkat, spesifik dan informatif. Judul maksimum terdiri dari 20 kata (tidakmelebihi 80 huruf dan spasi) dengan huruf kapital pada huruf pertama setiap katasesuai Ejaan Yang Disempurnakan dan letak center. Judul ditulis dalam bahasaIndonesia (tidak cetak miring) dan bahasa Inggris (cetak miring).

• Abstrak harus terstruktur dengan deskripsi singkat (berisi tidak lebih dari 250 kata,diformat dalam singlespace, dan hanya satu paragraf). Abstrak harus ditulis dalam
bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Catatan kaki, referensi, dan singkatan tidakdigunakan dalam abstrak. Abstrak dalam tinjauan pustaka harus terdiri dari"Latar Belakang:", "Tujuan:", "Ulasan:", dan "Kesimpulan:" diketik dengan huruftebal dalam satu paragraf.

• Kata kunci berisi 3-5 kata dan/atau frase dan harus ditulis di bawah abstrak. Katakunci harus ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan kata ataukalimat sesuai dengan standar ilmiah.

• Koresponden berisi rincian data penulis yang bertanggung jawab dengan alamatrinci dan e-mail (terdiri dari nama lengkap, nama institusi, alamat, nomor telepon,nomor fax., dan alamat email).

• Pendahuluan terdiri dari latar belakang masalah, rumusan masalah,tujuan daritinjauan pustaka dan manfaat penelitian. Pendahuluan dalam tinjauanpustakamengikuti topik utama yang ditulis dan gambaran umum topik yang akandibahas.

• Ulasan berisi poin dan hal-hal rinci berdasarkan literatur/pustaka yang berkorelasidengan subjek yang dibahas, yang selanjutnya akan dibahas dalam bagian diskusi.

• Diskusi menjelaskan detail subjek yang dibahas atau penjabaran dari ulasan, tidakmengulangi ulasan, bagaimana tinjauan pustaka yang dilaporkan dapatmemecahkan masalah, serta perbedaan dan kesamaan-kesamaan dengan studisebelumnya. Bagian ini harus mencakup kelebihan, kekurangan dan kesimpulandari hasil penelitian.

• Kesimpulan adalah jawaban atas perumusan pertanyaan yang ditanyakan padaakhir pengantar. Kesimpulan harus didasarkan pada diskusi yang dijelaskansebelumnya. Tambahkan saran atau umpan balik untuk penelitian lebih lanjut.

• Acknowledgement untuk semua kontributor penelitian, jika ada, harus dinyatakansecara singkat pada naskah sebelum referensi.

• Referensi harus diatur sesuai dengan sistem Nature. Pengelola jurnalmenyarankan penulis untuk menggunakan aplikasi khusus penulisan referensiMendeley atau lainnya (misalnya : Endnote, Zotero, ReffWorks). Silahkanmenggunakan Mendeley sebagai Manager Citation dan pilih Nature Style. UntukSubmit, kami mewajibkan penulis untuk menyertakan file BibTex yang dapat disimpan dari Mendeley sebagai file pelengkap.

• harus diberi nomor berurutan sesuai urutan di mana sitasi pertama kali disebutkandalam teks, dituliskan dengansuperscript dan diletakkan pada akhir teks dalamnumerik bukan dalam urutan abjad. Referensi harus valid, 80% berasal daripublikasi dalam 10 tahun terakhir dan mengandung setidaknya 40% referensiprimer (dari jurnal, tesis, disertasi, dan dokumen paten). Sumber yang tidakdipublikasikan, seperti naskah dalam tahap persiapan atau komunikasi pribadi tidakdapat diterima sebagai referensi. Hanya sumber yang dikutip dalam teks yangmuncul dalam daftar referensi. Nama penulis harus ditulis secara konsisten. Nomordan volume jurnal harus disertakan. Edisi, penerbit, kota, dan nomor halaman daribuku teks harus disertakan. Referensi download dari internet, mencakup waktuakses dan alamat web, juga harus disertakan. Singkatan dari nama jurnal harusditulis dengan lengkap. Referensi pada artikel kajian pustaka minimal terdiri atas 25referensi.

Format sitasi artikel jurnal:

1. Sylvia, A. B., RoseAnn, M. & John, B. K. Hygiene practices and foodcontamination in managed food service facilities in Uganda. African J. FoodSci. 9, 31–42 (2015).
2. E, A. S. A. H., Hussein, H., W, A. F., E, E. S. & Wasfy, A. Hygienic PracticesAmong Food Handlers in Dubai. Int. J. Prev. Med. Reserach 1, 101–108(2015).

Format sitasi buku:

1. Adriani, M., Wirjatmadi, B. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. (PenerbitKencana, 2014).

2. Kuntoro. Metode Sampling dan Penentuan Besar Sampel. (Pustaka MelatiIKAPI, 2008).

Format sitasi publikasi elektronik:

1. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. SituasiKesehatan Kerja 2015. (2015). Available at:http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/%0Ainfodatin/InfoDatin-2015.pdf.%0A. (Accessed: 1st January 2018)

2. International Labour Organization. Keselamatan dan kesehatan kerja. (2013).Available at: http://www.ilo.org/wcmsp5/groups /public/-asia/-ro-bangkok/-ilo-jakarta/documents/publication/wcms_237650.pdf. (Accessed: 31st January2018)

Format sitasi prosiding:

1. Idrus Jus’at. Penyimpangan positif masalah KEP di Jakarta Utara dan diPedesaan Kabupaten Bogor Jawa Barat. in Prosiding WNPG VII 153–156(Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2000).

2. Rachmah, Q., Wantanee, K. Energy Distribution Of Macronutrient AmongAdolescents In Indonesia: Secondary Analysis Of Total Diet Study Data. in 4thAsian Academic Society International Conference (AASIC) 2016 170–176(2016).

Format sitasi skripsi, tesis, dan disertasi:

1. Umasangaji, M. Hubungan Antara Asupan Energi Protein, Status Gizi DenganKesegaran Jasmani Pada Anggota Klub Tenis Meja Satelit Dan Salero StarKota Ternate. (Universitas Politeknik Kesehatan, 2012).

2. Swasono, M. A. Optimasi Pengolahan Kaldu Ayam dan Brokoli dalam BentukInstan dan Analisa Biaya Produksi. (Universitas Brawijaya, 2008).

Format sitasi paten:

1. Herdian H, Pudjiono PI, Angwar M. Sari tempe kental manis dan prosespembuatannya. HC-H3.02.P01.012.1796/2006.


Semua gambar, ilustrasi, dan foto yang ditampilkan harus relevan, informatif, ringkas, dandisebutkan sumbernya (jika ada), disediakan dalam file (dalam format JPG, JPEG atau TIFF). Jumlahmaksimum gambar, ilustrasi, foto, dan tabel dalam artikel laporan penelitian dan kajian pustakaadalah 4 (empat). Semua gambar, ilustrasi, dan foto harus dipisahkan dari teks naskah. Izin tertulisharus diperoleh untuk penyaduran materi yang sebelumnya sudah diterbitkan (hak cipta); termasuktabel, gambar, dan teks kutipan yang melebihi 150 kata. Jika menggunakan foto pasien, maka harusdisertai formulir izin publikasi yang telah ditandatangani. Salinan surat izin harus disertakan bersamanaskah publikasi.

Editor berhak untuk mengedit naskah, mencocokkan naskah dengan ketersediaan jurnal, danmemastikan keringkasan, kejelasan, dan konsistensi penulisan. Semua naskah yang diterima danilustrasi yang dicantumkan akan menjadi milik permanen dari penerbit, dan tidak akan diterbitkan ditempat lain secara penuh atau sebagian, cetak atau elektronik, tanpa izin tertulis dari penerbit.Semua data, opini atau pernyataan yang muncul pada naskah merupakan tanggung jawab daripenulis. Dengan demikian, penerbit, dewan redaksi, dan seluruh petugas jurnal Media Gizi Kesmastidak akan bertanggung jawab atau berkewajiban apapun atas konsekuensi dari ketidakakuratan ataukesalahan data, pendapat, maupun pernyataan.

2020-01-27, Source :

Departemen Gizi KesehatanFakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

Kampus C, Jl. MulyorejoSurabaya 60115

Telp: 031-5964808; Fax: 031-5964809

Hp: +62 857-3154-7992

Email: medgizi.airlangga@gmail.com