Catalog :




Information Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia

Guidelines for Authors (GFA)

Guidelines for Authors (GFA)

 

Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia menerbitkan naskah berupa penelitian ilmiah. Naskah harus orisinal dan belum pernah diterbitkan sebelumnya. Apabila naskah diterima untuk dimuat dalam Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, maka pengirim naskah tidak diperkenankan untuk menerbitkan naskah tersebut pada media lain.

Pengirim naskah bertanggung jawab terhadap keaslian dan substansi naskah. Redaksi tidak bertanggung jawab bilamana terjadi tuntutan hukum disebabkan penayangan di tempat lain. Dewan penyunting berhak mengedit untuk kesamaan format, gaya dan kejelasan penulisan tanpa mengubah substansi.

Naskah diketik pada kertas HVS ukuran A4 dengan jarak 2 spasi pada 1 sisi (tidak bolak-balik) dengan panjang tulisan 8-12 halaman. Jenis font yang digunakan adalah Arial berukuran 9. Margin atau batas tulisan dari pinggir kertas 2,5 cm pada keempat sisi. Naskah diketik dalam satu kolom. Tidak diperkenankan menggunakan catatatan kaki (footnote). Naskah dikirim dalam bentuk file dalam format MS Word (compact disc/flash disc) dan 2 rangkap print out naskah dialamatkan kepada:

Dewan Redaksi

JURNAL ADMINISTRASI KESEHATAN INDONESIA Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

Jalan Mulyorejo, Kampus C Unair Surabaya 60115, Indonesia

                                                     Telp (62)(31)5928994/60707527, Fax (62)(31) 5927113

Naskah ditulis dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, dengan bahasa efektif dan akademis, serta disusun menurut sistematika berikut.

Untuk Penelitian Ilmiah
  1. JUDUL ARTIKEL harus ringkas dan jelas (maksimal 14 kata) tanpa ada sub judul. Sebaiknya judul tidak menunjukkan hubungan analisis namun lebih menampilkan hasil akhir/temuan penelitian yang utama. Tidak diperkenankan menggunakan singkatan, kecuali singkatan yang sudah umum (misalnya: DNA).
  2. ABSTRAK disajikan dalam sebuah paragraf yang ditulis dalam Bahasa Inggris (berkisar 100 hingga 200 kata). Abstrak harus memuat masalah penelitian, tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian dan simpulan. Tiga hingga lima kata kunci atau keywords ditulis secara alfabetis di bawah abstrak.
  3.  PENDAHULUAN, meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah serta tujuan penelitan dan manfaat hasil penelitian.
  4. PUSTAKA, merupakan landasan ilmiah yang memuat referensi yang berkaitan dengan isi naskah, baik tentang penelitian yang telah dilakukan sebelumnya atau pun teori yang dirujuk dalam penulisan naskah tersebut.
  5. METODE, memuat desain penelitian; waktu dan lokasi penelitian; populasi, sampel dan cara pengambilan sampel; cara kerja penelitian; serta teknik analisis hasil penelitian.
  6. HASIL DAN PEMBAHASAN memuat hasil penelitian sesuai dengan tujuan penelitian, disertai pembahasan ilmiah dan argumentasi yang mendukung. Tabel, grafik, gambar yang mendukung hasil penelitian dapat dicantumkan. Pembahasan difokuskan untuk membahas hasil utama penelitian.
  7. SIMPULAN memuat pernyataan singkat, tentang hasil yang diperoleh dikaitkan dengan tujuan dan hipotesis (kalau ada) yang telah diajukan. Jika ada saran atau rekomendasi dapat dimasukkan dalam simpulan.
  8. DAFTAR PUSTAKA, berdasarkan sistem Harvard APA (nama dan tahun), dan disusun sesuai urutan abjad serta dicantumkan (a) untuk buku: nama penulis, tahun terbit, editor (bila ada), judul buku, kota penerbit, dan penerbit. (b) untuk penerbitan berkala: nama penulis, tahun penerbitan, judul tulisan, judul terbitan (disingkat sesuai dengan index medicus), bulan dan tahun terbit, volume, dan nomor halaman.

Contoh penulisan daftar pustaka:

 

Buku Cetak

Mearsheimer, J. J., & Walt, S. M. (2007). The Israel lobby and U.S. Foreign Policy. New York: Farrar, Straus, & Giroux.

E-book

Van Dunk, E., and Dickman, A. (2003). School Choice and The Question of Accountability: The Milwaukee experience. Retrieved from http://books.google.com/books

Penerbitan Lembaga

National Urban League. (1951). 40th Anniversary Yearbook. 1950. New York. NY: Author

Jurnal Cetak

Mead. L. M. (2007). Toward a Mandatory Work Policy for Men. Future of Children. 17(2) 43-72.

Jurnal Elektronik

Jamjoom, A. A. B., White, S., Walton, S.M., Hardman, J. G., & Moppett, I. K. (2010). Anesthetists and Surgeons Attitudes Towards Informed Consent In The UK: An Observational Study. BMC Medical Ethics. 11(2).  doi: 10.1186/1472-6939-11-2 

Rujukan dari Internet

Judy Garland. (2010). In Encyclopaedia Britannica online. Retrieved from http://www.britannica.com/EBchecked/topic/226023/Judy-Garland

2016-01-04, Source : Redaksi Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia