Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-09

TOC : 1, and page :1 - 8

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara school bonding dengan kecenderungan melakukan bullying pada siswa sekolah menengah atas

Author :

  1. Aisyah Az Zafira*1
  2. Tino Leonardi*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara school bonding dengan kecenderungan melakukan bullying pada siswa sekolah menengah atas (SMA). Siswa yang dimaksud pada penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas (SMA) yang berasal dari sekolah swasta yang sedang berada pada tingkatan kelas 11 dan kelas 12. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner yang disusun sendiri oleh penulis. Kuesioner atau alat ukur pada penelitian ini terdiri dari alat ukur school bonding berdasarkan teori Maddox dan Prinz (2003) dan alat ukur kecenderungan melakukan bullying berdasarkan teori kecenderungan milik Ajzen (1991). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh nilai p (signifikansi) sebesar 0,000 dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,545. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara school bonding dengan kecenderungan melakukan bullying pada siswa sekolah menengah atas. Kekuatan hubungan antara kedua variabel, yaitu school bonding dan kecenderungan melakukan bullying diketahui termasuk dalam kategori besar. Arah hubungan yang dimiliki oleh kedua variabel menunjukkan arah negatif yang artinya apabila school bonding yang dimiliki oleh siswa sekolah menengah atas tinggi maka kecenderungan melakukan bullying yang dimiliki oleh siswa tersebut rendah, begitu juga sebaliknya.

Keyword :

school bonding, kecenderungan melakukan bullying, siswa sekolah menengah atas (SMA).,


References :

  1. Maddox, S.J., & Prinz, R.J., (2003). School bonding in children and adolescents: Conceptualization, assessment, and associated variables. 6.1.31-49 : Clinical child and family psychology review


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-12
  1. Hubungan antara school bonding dengan kecenderungan melakukan bullying pada siswa sekolah menengah atas
  2. Perbedaan kemandirian pada remaja yang berstatus sebagai anak tunggal ditinjau dari persepsi pola asuh orangtua
  3. Perbedaan student well-being ditinjau dari persepsi siswa terhadap perilaku internasional guru
  4. Perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan kontrol diri pada mahasiswa
  5. Hubungan antara hardiness dengan adaptabilitas karir pada siswa smk kelas xii
  6. Gambaran self-regulated learning pada mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester di fakultas psikologi universitas airlangga
  7. Strategi orang tua dalam mengoptimalkan potensi seni anak berbakat istimewa