Jurnal Agro Veteriner
ISSN 2303-1697
Vol. 4 / No. 2 / Published : 2016-06
Order : 8, and page :136 - 143
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Analisis efisiensi pemasaran ikan bandeng di kabupaten gresik
Author :
- Mega Haryna Juwa*1
- Romziah Sidik*2
- Sri Hidanah*3
- Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan
- Dosen Fakultas Kedokteran Hewan
- Dosen Fakultas Kedokteran Hewan
Abstract :
Pemasaran adalah aspek yang penting didalam menjalankan usaha perikanan. Perbaikan dalam bidang pemasaran dimaksudkan untuk mengarah dalam memperbesar nilai yang diterima oleh nelayan dan memperkecil biaya pemasaran dan terciptanya harga dalam jangkauan daya beli konsumen. Perbaikan dalam bidang pemasaran bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai macam alur pemasaran di Kabupaten Gresik . Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat lembaga pemasaran di Kabupaten Gresik, yaitu pengepul, pedagang besar, pedagang kecil,dan pengecer. Terdapat empat macam alur pemasaran di Kabupaten Gresik yakni alur langsung, pendek, sedang, dan panjang. Hasil menunjukkan bahwa alur pemasaran langsung, pendek, sedang, dan panjang di Kabupaten Gresik dalam kondisi efisien. Hasil dari analisis efisiensi pemasaran yakni alur pemasaran langsung 2,56%, alur pemasaran pendek 4,69%, alur pemasaran sedang 6,63%, dan alur pemasaran panjang 6,91%. Dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa semakin panjang alur pemasaran, semakin kurang efisien pemasaran tersebut.
Keyword :
analisis efisiensi pemasaran, alur pemasaran, ikan bandeng,
References :
Tahir, A. G., Darwanto, D.H., Mulyo, J. H., dan Jamhari. ,(2010) Metoda Analisis Efisiensi Pemasaran Kedelai di Sulawesi Selatan Vol. 20 No.2, Desember 2011 : 47 - 57 : Jurnal Informatika Pertanian
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2016-06 |
|