AntroUnairDotNet
ISSN 2303-3053
Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-02
Order : 9, and page :205 - 216
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Perilaku berbelanja online di kalangan mahasiswi antropologi universitas airlangga
Author :
- Chacha Andira Sari*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Abstrak Maraknya konsumsi melalui online shop oleh mahasiswa menjadi salah satu latar belakang masalah dalam penelitian ini.Umumnya mahasiswa melakukan belanja online bukan didasarkan pada kebutuhan semata, melainkan demi kesenangan dan gaya hidup sehingga menyebabkan seseorang menjadi boros atau yang yang lebih dikenal dengan istilah perilaku konsumtif atau perilaku konsumerisme. Penelitian ini difokuskan ke dalam dua fokus, yaitu mengenai pola perilaku konsumtif berbelanja online shop di kalangan mahasiswi Antropologi FISIP Unair, dan persoalan yang dihadapi oleh mahasiswi Antropologi FISIP Unair dalam berbelanja online shop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melibatkan 7 responden dalam lingkup mahasiswi Antropologi FISIP Unair. Dalam penelitian ini dideskripsikan bahwa Perilaku konsumtif berbelanja online di kalangan mahasiswi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga ditunjukkan oleh adanya intensitas belanja mereka yang terhitung tidak wajar yaitu rata-rata sebulan sekali dan menghabiskan dana mulai dari Rp 45.000,-, dimana jenis kosmetik yang dapat diperoleh misalnya eyeliner, lipstik biasa tanpa glow dan lainnya.Persoalan-persoalan yang sering dihadapi oleh mahasiswi ketika berbelanja online adalah kebanyakan terkait dengan produk yang diterima tidak sesuai dengan gambar yang diposting, lamanya waktu pengiriman, repson yang lambat dari online shop dalam menanggapi order konsumen, dan ongkos kirim yang tergolong mahal. Kata Kunci: Online shop, Pola Perilaku, Mahasiswi, Belanja Abstract The rise of consumption through the online shop by students become one of the background of the problem in this research. Generally, students do online shopping is not based on only needs alone, but for the sake of pleasure and lifestyle, so that causing someone to be wasteful or who is better known by the term consumer behavior or the behavior of consumerism. This research focused into two focus, namely regarding consumer behavior pattern shopping online shop among female students Airlangga University Faculty of Social Anthropology, and problems faced by female students Airlangga University Faculty of Social Anthropology in shopping online shop. This research used a qualitative research method involving 7 respondents within the scope of Airlangga University Faculty of Social Anthropology student. In this study described that consumer behavior is an online shop among student of Anthropology , Faculty of Social and Political Sciences, University of Airlangga indicated by the intensity of their spending comparatively unnatural, averaging once a month and spend the funds ranging from Rp 45.000 , - , where the type of cosmetics that can be obtained for example eyeliner , lipstick and other usual without glow. The Problems often faced by female students when shopping online is mostly associated with the product received does not match the pictures posted, the length of time of delivery , a slow repson from the online shop in response to customer orders , and postage are relatively expensive. Keywords: Online shop, Pattern of Behavior , Student , Shopping
Keyword :
Online shop, Pola Perilaku, Mahasiswi, Belanja,
References :
Ollie. ,(2008) Panduan Praktis Mendesain Template Joomla! Vol.IV/No.2/Juli 2015, hal 216 : Mediakita
Ramadhan, A.,(2005) Seri Pelajaran Komputer Internet dan Aplikasinya Vol.IV/No.2/Juli 2015, hal 216 : Elex Media Komputindo
Sumartono,(2002) Terperangkap Dalam Iklan Vol.IV/No.2/Juli 2015, hal 216 : Alfabeta
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-02 |
|