Bio-Kultur
ISSN 2302-3058
Vol. 7 / No. 2 / Published : 2018-11
Order : 1, and page :1 - 11
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Siasat guru membendung diskursus islam transnasional di sekolah umum
Author :
- Zudan Rosyidi*1
- Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Abstract :
Diskursus pelajar Islam di beberapa sekolah umum terindikasi kuat mengikuti paham Islamtransnasional yang eksklusif dan intoleran. Di beberapa sekolah paham ini masuk melalui kegiatanekstrakurikuler ke-Islaman. Beragam siasat digunakan oleh sekolah untuk membendung pahamkeagamaan ini. Problem ini mendorong peneliti untuk mengungkap apakah realitas ber-Islam ituterjadi di sekolah umum di Surabaya dan bagaimana siasat yang digunakan oleh sivitas sekolah untukmembendung paham keagamaan Islam tersebut. Untuk mendapatkan data itu, peneliti mengunakanmetode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa di SMA Negeri 2 dan SMANegeri 1 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ruang sekolah menjadi tempat untukmempertahankan pembelajaran tentang keberagaman. Praktik kebersamaan dan penghormatanterhadap yang berbeda lebih mengemuka dengan jalan mengambil nilai-nilai Islam yang bersifatuniversal. Mekanisme kontrol yang ketat dari guru terhadap aktivitas ektra kurikuler terkait denganmateri dan narasumber menjadi suaty strategi yang efektif untuk meminimalkan berkembangnyapaham keagamaan di sekolah.
Keyword :
siasat, guru, diskursus, Islam transnasional, sekolah,
References :
Hefner RW,(2009) Making Modern Muslim: The Politics of Islamic Education In South East Asian. Honolulu Honolulu : University of Hawa’I Press
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 2 / Pub. : 2018-11 |
|