UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2019-11

Order : 2, and page :7 - 14

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Acceptance of women's audience about women's identity in kondom sutra ads on television

Author :

  1. Cholida Zulfi Nuraini Riyadi*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini berfokus pada penerimaan khalayak perempuan mengenai identitas perempuan dalam iklan kondom Sutra di televisi. Penelitian ini menarik karena penggunaan perempuan sebagai model dan terlalu dieksploitasi dalam iklan kondom Sutra. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua versi iklan, versi soccer dan Enaknya Sama-sama. Adapun aspek dalam iklan yang diteliti adalah gaya berpenampilan, gaya bicara dan pemilihan perempuan sebagai objek dalam iklan. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerimaan khalayak perempuan mengenai identitas perempuan dalam iklan kondom Sutra di televisi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, serta metodenya adalah analisis resepsi dengan menggunakan teknik wawancara in-depth interview atau wawancara mendalam.

Keyword :

identitas perempuan, penerimaan, iklan televisi, reception analisis,


References :

Aprilia DR,(2005) Iklan dan budaya popular: Pembentukan identitas ideologis kecantikan oleh iklan (analisis semiotika iklan cetak WRP body shape dan prolene). Vol. 1 Hal. 41-68 : Jurnal Ilmu Komunikasi

Hadi IP,(2009) Penelitian Khalayak Dalam Prespektif Reception Analysis. Vol. 3 No. 1 Hal. 1-7 : Jurnal ilmiah SCRIPTURA

Hall S et al ,(2011) Budaya, Media, Bahasa. Jalasutra : Yogyakarta

Kasali R ,(2006) Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia halaman 5 : Jakarta: PAU Ekonomi UI/ 1995

Lago MN ,(2017) EKSPLOITASI TUBUH PEREMPUAN DI MEDIA TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN CAT AVIAN SYNTETIC VERSI AWAS CAT BASAH) Vol. 4 No. 2 : Jurnal Online Kinesik





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2019-01
  1. Parent-child Communication Regarding Partner In Bibit, Bebet, Bobot Through Storytelling
  2. Acceptance Of Women's Audience About Women's Identity In Kondom Sutra Ads On Television
  3. Consumer Response In Surabaya In The Effort Of Brand Repositioning Jamoe Iboe Natural Drink
  4. Representation Of Patriarchal Ideology In Instagram Comic Strips
  5. Representation Of Street Culture Appeared In Youtube Brand H&m Account