Commonline
ISSN
Vol. 6 / No. 1 / Published : 2019-11
Order : 2, and page :7 - 14
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Acceptance of women's audience about women's identity in kondom sutra ads on television
Author :
- Cholida Zulfi Nuraini Riyadi*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Penelitian ini berfokus pada penerimaan khalayak perempuan mengenai identitas perempuan dalam iklan kondom Sutra di televisi. Penelitian ini menarik karena penggunaan perempuan sebagai model dan terlalu dieksploitasi dalam iklan kondom Sutra. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua versi iklan, versi soccer dan Enaknya Sama-sama. Adapun aspek dalam iklan yang diteliti adalah gaya berpenampilan, gaya bicara dan pemilihan perempuan sebagai objek dalam iklan. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerimaan khalayak perempuan mengenai identitas perempuan dalam iklan kondom Sutra di televisi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, serta metodenya adalah analisis resepsi dengan menggunakan teknik wawancara in-depth interview atau wawancara mendalam.
Keyword :
identitas perempuan, penerimaan, iklan televisi, reception analisis,
References :
Aprilia DR,(2005) Iklan dan budaya popular: Pembentukan identitas ideologis kecantikan oleh iklan (analisis semiotika iklan cetak WRP body shape dan prolene). Vol. 1 Hal. 41-68 : Jurnal Ilmu Komunikasi
Hadi IP,(2009) Penelitian Khalayak Dalam Prespektif Reception Analysis. Vol. 3 No. 1 Hal. 1-7 : Jurnal ilmiah SCRIPTURA
Hall S et al ,(2011) Budaya, Media, Bahasa. Jalasutra : Yogyakarta
Kasali R ,(2006) Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia halaman 5 : Jakarta: PAU Ekonomi UI/ 1995
Lago MN ,(2017) EKSPLOITASI TUBUH PEREMPUAN DI MEDIA TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN CAT AVIAN SYNTETIC VERSI AWAS CAT BASAH) Vol. 4 No. 2 : Jurnal Online Kinesik
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2019-01 |
|