ISSN
Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06
Order : 5, and page :299 - 314
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Konstruksi identitas balita dalam iklan susu
Author :
- Teguh Budisantoso *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Abstrak
Penelitian ini membahas konstruksi identitas balita yang didefinisikan dan divisualisasikan dalam iklan susu SGM Eksplor Presinutri dan Nutrilon Royal 3 Life Start Here. Signifikansi penelitian ini terletak pada karakteristik balita yang telah diangkat dan dikonstruksikan melalui media massa. Dalam konteks ini, balita tidak lagi menjadi sesuatu yang netral, identitas balita telah dipilihkan sesuai konstruksi yang diinginkan. Penelitian eksploratif ini berusaha untuk mengeksplorasi identitas balita yang terdapat pada kedua iklan tersebut. Untuk menghasilkan analisis mendalam peneliti menggunakan metode semiotik Roland Barthes yang menganalisis tanda pada tataran denotatif dan konotatif. Sebagai hasil, identitas balita yang dimunculkan dalam iklan SGM Ekplor adalah balita perempuan feminim, berkulit putih, berasal dari kelas sosial menengah dan memiliki kedekatan dengan orang tua. Sementara itu, identitas balita yang dimunculkan dalam iklan susu Nutrilon Royal 3 adalah balita berkulit putih, berambut pirang, berasal dari kelas sosial atas, memiliki karakter pemberani, punya rasa ingin tahu yang besar, mandiri dan bebas.
Kata kunci: konstruski identitas balita, ideologi mitos, studi media, semiotik iklan
Keyword :
konstruski identitas balita, ideologi mitos, studi media, semiotik iklan ,
References :
Barthes, R,(2004) Mitologi Yogyakarta : Kreasi Wacana.
Astuti, L.,(2009) Hubungan produk iklan kecantikan di televisi dengan orientasi tubuh wanita bekerja. Bogor : Institut Pertanian Bogor
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06 |
- Repesentasi Perempuan Suku Bajo Dalam Film “the Mirror Never Lies”
- Penerimaan Perempuan Terhadap Representasi Model Perempuan Pada Iklan Rokok Pall Mall “light Up The Night” Dan Sampoerna Mild Pada Media Di Indonesia
- Sumber – Sumber Informasi Remaja Perempuan Di Surabaya Dalam Melakukan Peniruan Cara Berpakaian
- Penerapan Fungsi-fungsi Peran Dalam Komunikasi Keluarga Yang Memiliki Individu Penyandang Autisme
- Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
- Opini Khalayak Terhadap Penggunaan Bintang Iklan Pada Iklan Ponds Di Televisi
- Tingkat Capaian Brand Awareness Apple Melalui Promotional Tools Pada Masyarakat Surabaya
- Analisis Wacana Kritis Stereotip Etnis Tionghoa Pada Pertunjukan Stand-up Comedy Yang Ditampilkan Ernest Prakasa
- Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! Terhadap Konsep Kecantikan Dalam Rubrik Q&a Fashion Dan Beauty
- Wacana Gay Dalam Skenario Film Arisan!
- Hubungan Antara Terpaan Media Tayangan Bima Satria Garuda Dengan Perilaku Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Anak
- Penggambaran Anak-anak Dalam Program Televisi Si Bolang Trans7
- Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz
- Representasi Nasionalisme Dalam Film “5 Cm”
- Wacana Kecantikan Dan Proses Penuaan Perempuan Pada Iklan Olay Total Effects “atasi Tujuh Tanda Penuaan”
- Penggambaran Mitos Cantik Kota Surabaya
- Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Development Basketball League 2013 Melalui Teks Pemberitaan Jawa Pos
- Participatory Culture Dalam Suegele Lek Fans Club - Radio Suzana Fm Surabaya
- Sikap Pengguna Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center Pt. Askes (persero)
- Konstruksi Identitas Balita Dalam Iklan Susu
- Representasi Maskulinitas Dalam Fan Fiction Une Amore
- Strategi Pasangan Suami-istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian Pada Anak Tunarungu
- Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Sebagai Program Corporate Social Responsibility Pt Petrokimia Gresik
- Strategi Marketing Public Relations Pt. Cipta Mortar Utama Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan
- Aktivitas Online Public Relations Humas Pt. Angkasa Pura 1 (persero) Bandara Juanda
|