UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05

Order : 1, and page :420 - 430

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Motif remaja akhir surabaya menggunakan game facebook

Author :

  1. Akbar Cahyadiyntha Gimon *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada motif bermain game Facebook di kalangan remaja akhir Surabaya. Didapatkan temuan data bahwa Indonesia menempati urutan ke 4 dengan 48.134.040 pengguna Facebook. Sebanyak  20.079.798 pengguna Facebook di Indonesia memainkan salah satu game Facebook yaitu Zynga Poker, dan juga banyak game lain yang ditawarkan oleh Facebook. Dari data tersebut juga diketahui bahwa 43,7% dari pengguna facebook di Indonesia adalah kelompok usia 18-24 tahun (socialbakers.com). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motif yang paling banyak dipilih oleh remaja akhir di Surabaya dalam mengkonsumsi game Facebook adalah motif informasi dengan indikator menggunakan game Facebook untuk memuaskan rasa ingin tahu. Meskipun menurut data yang ditemukan, motif yang paling menonjol adalah motif hiburan dan motif identitas pribadi. Ditemukan juga pada variabel jenis game Facebook yang paling banyak dipilih adalah Zynga Poker, dan pada variabel genre game Facebook yang paling banyak dipilih responden adalah genre Arcade Games. Kata Kunci: Motif, Remaja, Surabaya, Game Online, Facebook

Keyword :

Motif, Remaja, Surabaya, Game Online, Facebook,


References :

Fidler, Roger,(2003) Mediamorfosis: Memahami Media Baru. Yogyakarta : Bentang Budaya

Fuhrmann, Barbara S.,(1990) Adolescence, Adolescents. Incorporated : Addison-Wesley Educational Publishers,





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05
  1. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  2. Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
  3. Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
  4. Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
  5. Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
  6. Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
  7. Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
  8. Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
  9. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  10. Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
  11. Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
  12. Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
  13. Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
  14. Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
  15. Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
  16. Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
  17. Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
  18. Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
  19. Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
  20. Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
  21. Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
  22. Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
  23. Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
  24. Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
  25. Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
  26. Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7