UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06

Order : 5, and page :267 - 282

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Participatory culture dalam suegele lek fans club - radio suzana fm surabaya

Author :

  1. Sinta Mustikaningtyas*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

  ABSTRAK Fokus penelitian ini adalah bentuk participatory culture yang terjadi dalam Suegele Lek Fans Club dengan menggunakan metode observasi partisipan. Fans sebagai pecinta teks budaya populer memiliki kemampuan untuk mentransformasi reaksi persona menjadi interaksi sosial berupa participatory culture dalam komunitas yang memiliki ketertarikan pada teks yang sama. Hal ini merupakan salah satu karakteristik utama dalam fan culture. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa participatory culture yang dilakukan anggota SLFC berupa affiliations dimana ada keanggotaan informal dalam komunitas di darat dan online Facebook. Di dalamnya terdapat expressions yaitu produksi bentukan kreatif baru, seperti fan video, poster, foto idola di berbagai kesempatan, drama mini dan lain sebagainya yang mereka sirkulasikan dan publikasikan dalam grup untuk mereka bagi dan tanggapi bersama (circulations). Mereka juga bekerja sama untuk menyelesaikan permasalahan mereka (collaborative problem solving). Anggota SLFC sebagai fans terlibat aktif dalam partisipasi berkaitan dengan teks favorit mereka, dan sanggup memliki power untuk melakukan sesuatu (fan activism). Kata kunci: fan culture, participatory culture, radio fan, Suegele Lek, Radio Suzana FM Surabaya.

Keyword :

fan culture, participatory culture, radio fan, Suegele Lek, Radio Suzana FM Surabaya.,


References :

Jenkins, Henry,(1992) Textual Poachers : Television dan Partisipatory Culture Studies in Culture and Communication New York : Routledge.

Pavlik, John V. ,(1996) New Media Technology Boston : Allyn and Bacon





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06
  1. Repesentasi Perempuan Suku Bajo Dalam Film “the Mirror Never Lies”
  2. Penerimaan Perempuan Terhadap Representasi Model Perempuan Pada Iklan Rokok Pall Mall “light Up The Night” Dan Sampoerna Mild Pada Media Di Indonesia
  3. Sumber – Sumber Informasi Remaja Perempuan Di Surabaya Dalam Melakukan Peniruan Cara Berpakaian
  4. Penerapan Fungsi-fungsi Peran Dalam Komunikasi Keluarga Yang Memiliki Individu Penyandang Autisme
  5. Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
  6. Opini Khalayak Terhadap Penggunaan Bintang Iklan Pada Iklan Ponds Di Televisi
  7. Tingkat Capaian Brand Awareness Apple Melalui Promotional Tools Pada Masyarakat Surabaya
  8. Analisis Wacana Kritis Stereotip Etnis Tionghoa Pada Pertunjukan Stand-up Comedy Yang Ditampilkan Ernest Prakasa
  9. Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! Terhadap Konsep Kecantikan Dalam Rubrik Q&a Fashion Dan Beauty
  10. Wacana Gay Dalam Skenario Film Arisan!
  11. Hubungan Antara Terpaan Media Tayangan Bima Satria Garuda Dengan Perilaku Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Anak
  12. Penggambaran Anak-anak Dalam Program Televisi Si Bolang Trans7
  13. Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz
  14. Representasi Nasionalisme Dalam Film “5 Cm”
  15. Wacana Kecantikan Dan Proses Penuaan Perempuan Pada Iklan Olay Total Effects “atasi Tujuh Tanda Penuaan”
  16. Penggambaran Mitos Cantik Kota Surabaya
  17. Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Development Basketball League 2013 Melalui Teks Pemberitaan Jawa Pos
  18. Participatory Culture Dalam Suegele Lek Fans Club - Radio Suzana Fm Surabaya
  19. Sikap Pengguna Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center Pt. Askes (persero)
  20. Konstruksi Identitas Balita Dalam Iklan Susu
  21. Representasi Maskulinitas Dalam Fan Fiction Une Amore
  22. Strategi Pasangan Suami-istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian Pada Anak Tunarungu
  23. Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Sebagai Program Corporate Social Responsibility Pt Petrokimia Gresik
  24. Strategi Marketing Public Relations Pt. Cipta Mortar Utama Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan
  25. Aktivitas Online Public Relations Humas Pt. Angkasa Pura 1 (persero) Bandara Juanda