UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06

Order : 3, and page :128 - 143

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Penerimaan khalayak remaja perempuan pembaca majalah gogirl! terhadap konsep kecantikan dalam rubrik q&a fashion dan beauty

Author :

  1. Meylia Hastuti *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Konsep kecantikan yang melekat pada perempuan merupakan bentuk pelanggengan kebudayaan yang diciptakan oleh media massa yaitu majalah. Majalah Gogirl! mempunyai rubrik Q & A fashion and beauty yang dijadikan sebagai rujukan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan fashion dan kecantikan, dimana masa remaja sedang mencari jati diri, ingin diakui, tampil menarik, cantik, fashionable, dan stylish. Menggunakan rumusan masalah bagaimana penerimaan remaja perempuan pembaca majalah Gogirl! terhadap konsep kecantikan yang ada di dalam rubrik Q & A Fashion and Beauty. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan reception analysis yang diperoleh dari focus group discussion. Analisis dan pembahasan dilakukan dengan menggunakan penerimaan konsep kecantikan dalam rubrik Q&A fashion and beauty baik konsep kecantikan yang bersifat outer (penampilan fisik) maupun inner beauty. Melalui analisis dan pembahasan ditarik kesimpulan konsep kecantikan rubrik Q&A Fashion and Beauty setiap informan memiliki persepsi masing-masing karena adanya perbedaan latar belakang. Kata kunci: Reception Analysis, Majalah, Konsep Kecantikan, Remaja Perempuan.

Keyword :

Reception Analysis, Majalah, Konsep Kecantikan, Remaja Perempuan,


References :

Masduki, Muzayin Nazaruddin,(2008) Media, Jurnalisme dan Budaya Populer Jakarta : Program Studi Ilmu Komunikasi UII

Melliana, Annastasia,(2006) Menjelajah Tubuh Perempuan dan Mitos Kecantikan Yogyakarta : LKis





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06
  1. Repesentasi Perempuan Suku Bajo Dalam Film “the Mirror Never Lies”
  2. Penerimaan Perempuan Terhadap Representasi Model Perempuan Pada Iklan Rokok Pall Mall “light Up The Night” Dan Sampoerna Mild Pada Media Di Indonesia
  3. Sumber – Sumber Informasi Remaja Perempuan Di Surabaya Dalam Melakukan Peniruan Cara Berpakaian
  4. Penerapan Fungsi-fungsi Peran Dalam Komunikasi Keluarga Yang Memiliki Individu Penyandang Autisme
  5. Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
  6. Opini Khalayak Terhadap Penggunaan Bintang Iklan Pada Iklan Ponds Di Televisi
  7. Tingkat Capaian Brand Awareness Apple Melalui Promotional Tools Pada Masyarakat Surabaya
  8. Analisis Wacana Kritis Stereotip Etnis Tionghoa Pada Pertunjukan Stand-up Comedy Yang Ditampilkan Ernest Prakasa
  9. Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! Terhadap Konsep Kecantikan Dalam Rubrik Q&a Fashion Dan Beauty
  10. Wacana Gay Dalam Skenario Film Arisan!
  11. Hubungan Antara Terpaan Media Tayangan Bima Satria Garuda Dengan Perilaku Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Anak
  12. Penggambaran Anak-anak Dalam Program Televisi Si Bolang Trans7
  13. Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz
  14. Representasi Nasionalisme Dalam Film “5 Cm”
  15. Wacana Kecantikan Dan Proses Penuaan Perempuan Pada Iklan Olay Total Effects “atasi Tujuh Tanda Penuaan”
  16. Penggambaran Mitos Cantik Kota Surabaya
  17. Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Development Basketball League 2013 Melalui Teks Pemberitaan Jawa Pos
  18. Participatory Culture Dalam Suegele Lek Fans Club - Radio Suzana Fm Surabaya
  19. Sikap Pengguna Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center Pt. Askes (persero)
  20. Konstruksi Identitas Balita Dalam Iklan Susu
  21. Representasi Maskulinitas Dalam Fan Fiction Une Amore
  22. Strategi Pasangan Suami-istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian Pada Anak Tunarungu
  23. Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Sebagai Program Corporate Social Responsibility Pt Petrokimia Gresik
  24. Strategi Marketing Public Relations Pt. Cipta Mortar Utama Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan
  25. Aktivitas Online Public Relations Humas Pt. Angkasa Pura 1 (persero) Bandara Juanda