UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05

Order : 2, and page :474 - 487

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perempuan dalam lirik lagu dangdut koplo dimaknai pekerja keras dan curhat “melas“

Author :

  1. Bagas Putra Adhitama *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini membahas interpretasi khalayak terhadap sensualitas perempuan dalam budaya Jawa pada lirik lagu dangdut koplo Buka Dikit Jos dan Wes Mbok Rasakne. Sensualitas perempuan dalam budaya Jawa diidentifikasikan dengan konsep asmaragama, yakni hubungan seksual sepasang suami-istri dalam tradisi Jawa yang didasari oleh rasa cinta sebagai upaya pemenuhan spiritual. Penelitian kualitatif eksploratif ini menggunakan metode reception analysis (analisis resepsi) yang berguna untuk mengeksplorasi pemaknaan khalayak. Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan indepth interview (wawancara mendalam) untuk memperoleh data-data kualitatif dari para informan. Khalayak pada penelitian ini adalah individu yang pernah mendengarkan lagu Buka Dikit Jos dan Wes Mbok Rasakne. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa informan memiliki berbagai macam pemaknaan yakni, penggunaan bahasa untuk menonjolkan sensualitas dalam kedua lirik lagu dimaknai informan menunjukan perempuan sebagai obyek yang direndahkan dan bertentangan dengan konsepsi dalam budaya Jawa.  Kata kunci: Interpretasi khalayak, sensualitas, budaya Jawa, asmaragama, lirik lagu dangdut koplo.

Keyword :

Interpretasi khalayak, sensualitas, budaya Jawa, asmaragama, lirik lagu dangdut koplo.,


References :

Barnard, Malcolm. ,(2009) Fashion Sebagai Komunikasi; Cara Mengomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas, dan Gender, Yogyakarta : Jalasutra.

Bungin, Burhan,(2005) Pornomedia: Sosiologi Media, Konstruksi Sosial Teknologi Telematika, & Perayaan Seks di Media Massa. Jakarta : Edisi Revisi, Jakarta, Kencana.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05
  1. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  2. Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
  3. Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
  4. Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
  5. Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
  6. Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
  7. Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
  8. Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
  9. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  10. Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
  11. Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
  12. Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
  13. Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
  14. Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
  15. Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
  16. Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
  17. Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
  18. Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
  19. Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
  20. Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
  21. Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
  22. Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
  23. Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
  24. Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
  25. Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
  26. Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7