ISSN
Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06
Order : 6, and page :315 - 330
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Representasi maskulinitas dalam fan fiction une amore
Author :
- Tika Izzatul Af’idah *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bermaksud mengeksplorasi bagaimana maskulinitas ditampilkan dalam pop culture Korea Selatan dalam fan fiction Une Amour dimana terdapat komentar negatif mengenai anggota boy band K-Pop yang dinilai tidak maskulin. Menggunakan metode analisis wacana Teun A. Van Dijk, penelitian ini tidak sekadar meneliti teks yang telah dihasilkan saja, namun juga meneliti bagaimana konteks pembuatan teks tersebut, dimana apa yang melatarbelakangi penulis untuk membuat teks sedekimian rupa juga ikut diteliti. Dengan teori maskulinitas dari Hyde & Jaffe, Gauntlet, dan Lips, serta teori dominasi maskulin dari Bordieu, ditemukan bahwa maskulinitas dalam novel fan fiction ini sesuai dengan heteronormativity dimana gender maskulin dimiliki oleh laki-laki. Maskulinitas yang digambarkan adalah laki-laki yang memiliki wajah tampan cenderung cantik, berbadan bagus, dominan berpenampilan rapi cenderung formal, memiliki kestabilan ekonomi, serta romantis.
Keyword :
Maskulinitas, novel, analisis wacana, , fan fiction,
References :
Bordieu, P,(2010) Dominasi Maskulin Yogyakarta : Jalansutra
Gauntlett, D,(2002) Media, Gender and Identity London : Routledge
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06 |
- Repesentasi Perempuan Suku Bajo Dalam Film “the Mirror Never Lies”
- Penerimaan Perempuan Terhadap Representasi Model Perempuan Pada Iklan Rokok Pall Mall “light Up The Night” Dan Sampoerna Mild Pada Media Di Indonesia
- Sumber – Sumber Informasi Remaja Perempuan Di Surabaya Dalam Melakukan Peniruan Cara Berpakaian
- Penerapan Fungsi-fungsi Peran Dalam Komunikasi Keluarga Yang Memiliki Individu Penyandang Autisme
- Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
- Opini Khalayak Terhadap Penggunaan Bintang Iklan Pada Iklan Ponds Di Televisi
- Tingkat Capaian Brand Awareness Apple Melalui Promotional Tools Pada Masyarakat Surabaya
- Analisis Wacana Kritis Stereotip Etnis Tionghoa Pada Pertunjukan Stand-up Comedy Yang Ditampilkan Ernest Prakasa
- Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! Terhadap Konsep Kecantikan Dalam Rubrik Q&a Fashion Dan Beauty
- Wacana Gay Dalam Skenario Film Arisan!
- Hubungan Antara Terpaan Media Tayangan Bima Satria Garuda Dengan Perilaku Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Anak
- Penggambaran Anak-anak Dalam Program Televisi Si Bolang Trans7
- Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz
- Representasi Nasionalisme Dalam Film “5 Cm”
- Wacana Kecantikan Dan Proses Penuaan Perempuan Pada Iklan Olay Total Effects “atasi Tujuh Tanda Penuaan”
- Penggambaran Mitos Cantik Kota Surabaya
- Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Development Basketball League 2013 Melalui Teks Pemberitaan Jawa Pos
- Participatory Culture Dalam Suegele Lek Fans Club - Radio Suzana Fm Surabaya
- Sikap Pengguna Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center Pt. Askes (persero)
- Konstruksi Identitas Balita Dalam Iklan Susu
- Representasi Maskulinitas Dalam Fan Fiction Une Amore
- Strategi Pasangan Suami-istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian Pada Anak Tunarungu
- Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Sebagai Program Corporate Social Responsibility Pt Petrokimia Gresik
- Strategi Marketing Public Relations Pt. Cipta Mortar Utama Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan
- Aktivitas Online Public Relations Humas Pt. Angkasa Pura 1 (persero) Bandara Juanda
|