ISSN
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05
Order : 1, and page :442 - 453
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Studi fandom jkt48 sebagai pop culture
Author :
- Andika Permana *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang etnografi fans JKT48 di Surabaya. Peneliti mengangkat penelitian ini karena merasa aktifitas social yang terjadi dalam fandom JKT48 sangat unik dan menarik untuk diteliti. Studi ini juga akan sedikit membahas tentang perkembangan pop culture khususnya budaya pop Jepang di Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa fans JKT48 memiliki keunikan sendiri dalam aktifitas sosial fandom mereka. Seperti adanya fans yang membuat sebuah acara untuk mengumpulkan para fans yang ada di Surabaya, menjual barang koleksi untuk tetap bisa menjalani aktifitas fandom JKT48, mendapatkan motivasi dari idolnya, adanya keinginan menunjukan identitas suatu fandom dari suatu daerah tertentu, serta rasa nasionalisme fans JKT48 yang merupakan Warga Negara dari Jepang.
Kata Kunci: Etnografi, Budaya Popular, Fandom, JKT48
Keyword :
Etnografi, Budaya Popular, Fandom, JKT48,
References :
Ariel Heryanto,(2008) Popular Culture in Indonesia New York : Routledge.
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05 |
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
- Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
- Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
- Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
- Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
- Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
- Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
- Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
- Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
- Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
- Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
- Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
- Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
- Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
- Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
- Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
- Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
- Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
- Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
- Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
- Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
- Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
- Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7
|