ISSN
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05
Order : 5, and page :684 - 695
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Wacana perempuan dalam film animasi disney princess “brave”
Author :
- Cahya Haniva Yunizar *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini mengeksplorasi wacana perempuan ideal yang diartikulasikan dalam film animasi Disney melalui penokohan seorang ‘princess’ dalam film Brave. Konsep mengenai perempuan sebagai princess yang diartikulasikan dalam film ini memberikan dampak yang signifikan bagi perempuan. Wacana yang dimunculkan untuk mengartikulasikan sosok perempuan sebagai princess dilihat dari beberapa hal yang meliputi penampakan fisik (physical appearance), gaya berpakaian (fashion), karakter (character) serta interaksinya dengan lingkungan (social interaction), diuraikan dan dianalisis menggunakan Media Discourse sebagai metode Analisis Tekstual. Berdasar analisis yang telah dilakukan, temuan yang diperoleh bahwa perempuan melalui princess Merida dikonstruksi sebagai sosok yang terbuka, berani, kuat, mandiri, dan tangguh. Selain itu juga berhasil mempertahankan identitas unik yang dimiliki tanpa perlu memenuhi harapan dan tuntutan orang lain.
Kata kunci: konstruksi, indentitas, perempuan, gender, princess
Keyword :
konstruksi, indentitas, perempuan, gender, princess,
References :
Piliang, Yasraf, Amir,(2003) Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Bandung : Jalasutra
Baria, L. ,(2005) Media Meneropong Perempuan Surabaya : Lutfansah
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05 |
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
- Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
- Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
- Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
- Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
- Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
- Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
- Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
- Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
- Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
- Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
- Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
- Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
- Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
- Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
- Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
- Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
- Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
- Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
- Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
- Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
- Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
- Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7
|