UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

INSAN Media Psikologi

ISSN 1411-2671 (Cetak); 2310-7945 (Online)

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2003-06

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Efektifitas ludo words game (lwg) terhadap peningkatan kosakata bahasa inggris pada anak studi kasus pada siswa kelas iv sd muhammadiyah 4 pucang

Author :

  1. Iriani Indri Hapsari*1
  2. Dewi Retno Suminar*2
  1. Psikologi unair
  2. Dosen Psikologi Unair

Abstract :

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang perlu dikuasai agar bisa berkomunikasi dan bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini. Dalam mempelajari bahasa Inggris, hal mendasar yang perlu dipelajari adalah kosakatanya. Pemahaman dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris tersebut sebaiknya dilakukan sejak usia dini khususnya usia 6-12 tahun yang merupakan masa emas untuk belajar bahasa selain bahasa ibu (bahasa pertama). Alasannya, otak anak masih plastis dan lentur sehingga proses penyerapan bahasa lebih mulus. Salah satu cara efektif belajar pada anak usia dini adalah melalui bentuk permainan. Oleh karena itu, peneliti membuat suatu permainan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang diberi nama Ludo Words Game (LWG). Dalam penelitian ini, peneliti akan menguji apakah LWG efektif dalam meningkatkan jumlah kosakata bahasa Inggris pada usia sekolah dan khususnya dalam penelitian ini untuk anak kelas IV SD Muhammadiyh 4 Pucang Surabaya, sebagai pengembangan penelitian yang dilakukan oleh Rodiah dkk. (2001) sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian quasi eksperimen semu (Quasi eksperimen). Variabel penelitian ini adalah Ludo Words game (LWG), peningkatan jumlah kosakata bahasa Inggris, serta ada beberapa variabel kontrol yaitu usia, IQ, jenis kelamin, pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua, penghasilan, kursus bahasa Inggris serta keaktifan kursusnya. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan menggunakan pretest serta posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen dan pemberian perlakuan pada kelompok eksperimen serta uji coba (try out) untuk menguji validitas dan reliabilitas kosakata LWG dan quosioner sebelum penelitian dilakukan untuk mengambil data. cara pemilihan sample dilakukan secara non random dengan pendekatan purposive sampling . Hasil analisis data menunjukkan bahwa LWG dapat secara efektif dapat meningkatkan jumlah kosakata bahasa Inggris pada anak SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya dengan nilai p=0,019 pada F=2,582. Hal ini menjelaskan bahwa LWG dapat meningkatkan jumlah kosakata bahasa Inggris secara signifikan karena berada dibawah nilai p < 0,05 sehingga diharapkan dapat membantu siswa anak usia sekolah atau SD (sekolah dasar) bisa belajar sambil bermain untuk meningkatkan jumlah kosakata bahasa Inggrisnya dengan LWG. Selain itu bisa menjadi metode pembelajaran kosakata bahasa Inggris yang bisa dimanfaatkan oleh guru, orang tua dan para pendidik anak.

Keyword :

Ludo Words Game, kosakata bahasa Inggris,


References :

C.B. Christensen,(1988) Experimental Methodology 4th ed Massachussets : Allyn & Bacon, Inc

F.N. Kerlinger,(1995) Azas – Azas Penelitian Behavioral (edisi ketiga) Terjemahan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press

latipun,(2002) Psikologi Eksperimen Malang : Universitas Muhammadiyah.

G. Martin,(2002) Tolong! Anak Saya Sulit Belajar Jakarta : Harvest Publication House

J. Rakhmat,(2002) Psikologi Komunikasi Bandung : PT. Rosdakarya

S. Santoso,(2000) Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik jakarta : Elex media Competindo.

Nina Wallerstein,(1983) Language Culture in Conflict USA : Addison-Wesley Publishing Company, Inc.

Andrew Wilkinson,(1986) Language and Education Hongkong : Oxford University Press





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2003-04
  1. Efektifitas Ludo Words Game (lwg) Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Studi Kasus Pada Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah 4 Pucang
  2. Pengaruh Budaya Kolektivisme Terhadap Kompetensi Inti Pada Kelompok Lini Manajerial Pt Semen Gresik (persero) Tbk.