UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 7 / No. 4 / Published : 2018-12

Order : 4, and page :47 - 55

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Gambaran self-perceived employability pada mahasiswa tingkat akhir universitas airlangga

Author :

  1. Gilang Perdana Putra*1
  2. Seger Handoyo*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana gambaran Self-Perceived Employability pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Airlangga, penelitian ini didasari pada fenomena yang masih ada hingga saat ini mengenai banyaknya lulusan baru yang masih menganggur hal ini dikarenakan rendahnya Self-Perceived Employability pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan kualitatif fenomenologi dengan menggunakan subjek sebanyak 3 orang, dimana 3 orang ini dipilih secara acak dari data awal yang masuk dalam bentuk kuesioner yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Self-Perceived Employability (Hillage & Pollard, 1998) dan (Berntson, 2008) sebanyak 85 orang. 3 orang ini dipilih karena sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Ke 3 subjek tersebut kemudian di wawancarai menggunakan metode wawancara semi terstruktur dengan menggunakan teknik analisis data IPA (Interpretative Phenomenological Analysis) (Langdridge, 2007). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek tersebut memiliki Self-Perceived Employability yang berbeda.

Keyword :

employability, mahasiswa tingkat akhir, self-perceived employability,


References :

Rothwell, A., & Arnold, J. (2007). Self-Perceived Employability: Development and Validation of A Scale. Personnel Review, 36(1), 23-41.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 4 / Pub. : 2018-12
  1. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Intensi Turnover Dengan Individual Corporate Entrepreneurship Sebagai Variabel Mediator Pada Karyawan Pt Smb
  2. Hubungan Antara Job Demands Dan Job Resources Dengan Workplace Incivility Behavior Pada Pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya
  3. Pengaruh Kepuasan Pelanggan Online Dan Price Fairness Perception Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Pada Toko Online
  4. Gambaran Self-perceived Employability Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Airlangga
  5. Hubungan Antara Organizational Justice Dengan Perilaku Produktif Pada Karyawan Bank X Kantor Cabang Bekasi
  6. Pengaruh Psychological Well-being Terhadap Employee Engagement Pada Anggota Aisec Surabaya Sebagai Non-governmental Organization
  7. Dinamika Psikologis Karyawan Yang Menjadi Target Workplace Ostracism