UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-12

Order : 6, and page :63 - 74

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara sikap dan norma subjektif dengan intensi membeli produk halal

Author :

  1. Muhammad Rifqi Arsyada*1
  2. Dewi Syarifah*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap dan norma subjektif dengan intensi membeli produk halal. Variabel independen dalam penelitian ini adalah sikap terhadap produk halal dan norma subjektif yang dioperasionalisasikan dengan centrality of religiosity. Sedangkan variabel dependen adalah intensi membeli produk halal. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan pengambilan data dengan survey berupa kuesioner. Penelitian dilakukan pada masyarakat muslim di Indonesia yang berusia 18-59 tahun dengan jumah sampel 213 responden. Data dianalisis menggunakan statistik non parametric dengan teknik korelasi spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara sikap dengan intensi membeli produk halal dengan koefisien korelasi sebesar 0.544. Dan terdapat hubungan antara norma subjektif dengan intensi membeli produk halal dengan koefisien korelasi sebesar 0.012. Semakin tinggi norma subjektif, maka semakin tinggi pula intensi membeli produk halal.

Keyword :

centrality of religiosity, intensi membeli, norma subjektif, sikap,


References :





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-12
  1. Hubungan Kualitas Pelayanan (service Quality) Dengan Kesetiaan Pelanggan (customer Loyalty) Pada Alfamidi Dharmawangsa Surabaya
  2. Hubungan Organizational Justice Dan Work Engagement Pada Karyawan Pt. Dua Kelinci
  3. Pengaruh Entrepreneurial Intention Terhadap Entrepreneurial Action Dengan Goal Commitment Dan Action-emotion Sebagai Moderator
  4. Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Dengan Loyalitas Pelanggan Pada Online Shop
  5. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Staf Pt. X
  6. Perbedaan Kepuasan Kerja Ditinjau Dari Persepsi Budaya Organisasi Karyawan Pr. Mangga Gandeng
  7. Hubungan Antara Sikap Dan Norma Subjektif Dengan Intensi Membeli Produk Halal
  8. Hubungan Antara Kepribadian Proaktif Dan Cetizenship Performance Behavior Dengan Kepuaan Kerja Sebagai Variabel Mediator Pada Perawat Di Rumah Sakit Islam Ahmad Yani-surabaya