Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi
ISSN 2301-7090
Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-12
Order : 6, and page :63 - 74
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan antara sikap dan norma subjektif dengan intensi membeli produk halal
Author :
- Muhammad Rifqi Arsyada*1
- Dewi Syarifah*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap dan norma subjektif dengan intensi membeli produk halal. Variabel independen dalam penelitian ini adalah sikap terhadap produk halal dan norma subjektif yang dioperasionalisasikan dengan centrality of religiosity. Sedangkan variabel dependen adalah intensi membeli produk halal. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan pengambilan data dengan survey berupa kuesioner. Penelitian dilakukan pada masyarakat muslim di Indonesia yang berusia 18-59 tahun dengan jumah sampel 213 responden. Data dianalisis menggunakan statistik non parametric dengan teknik korelasi spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara sikap dengan intensi membeli produk halal dengan koefisien korelasi sebesar 0.544. Dan terdapat hubungan antara norma subjektif dengan intensi membeli produk halal dengan koefisien korelasi sebesar 0.012. Semakin tinggi norma subjektif, maka semakin tinggi pula intensi membeli produk halal.
Keyword :
centrality of religiosity, intensi membeli, norma subjektif, sikap,
References :
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-12 |
|