UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-12

Order : 4, and page :337 - 342

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan tipe kepribadian big five (big five personality) dengan intensi pembelian secara online pada pengguna online shop

Author :

  1. Astri Dita Nuriani*1
  2. Seger Handoyo*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan tipe kepribadian dengan intensi pembelian secara Online pada pengguna Online shop. Intensi pembelian secara Online merupakan pertimbangan subjektif apakah seseorang akan melakukan pembelian secara Online atau tidak. Kepribadian adalah karakteristik seseorang yang menyebabkan munculnya konsistensi perasaan, pemikiran, dan perilaku. Penelitian ini menggunakan pengklasifikasian tipe kepribadian berdasarkan Big Five Personality yaitu Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, dan Openness To Experience. Penelitian ini dilakukan pada pengguna internet khususnya yang pernah berbelanja Online, dengan sampel sebanyak 339 subyek. Teori intensi pembelian secara online yang digunakan merupakan translasi dari Wang dkk., (2006) yang terdiri dari 3 aitem; dan untuk tipe kepribadian Big Five Personality menggunakan translasi dari John dan Srivastava yang terdiri dari 44 aitem. Reliabilitas aitem tersebut telah diujicobakan terlebih dahulu kepada 50 orang pengguna internet dengan menggunakan jejaring sosial sebagai alat bantu penyebaran. Analisis data yang dilakukan dengan teknik Regresi Linear Berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis penelitian diperoleh nilai koefisien determinasi antara tipe kepribadian dengan intensi pembelian secara Online dengan melihat R Square sebesar 0,03. Hal ini menunjukan bahwa 3% variasi dari intensi pembelian secara Online dapat dijelaskan oleh tipe kepribadian. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa tipe kepribadian Openness To Experience memiliki hubungan yang signifikan terhadap intensi pembelian secara Online, sedangkan tipe kepribadian Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness dan Neuroticism tidak memberikan hubungan yang signifikan.

Keyword :

Intensi Pembelian, Online, Tipe Kepribadian, Big Five personality,


References :

Kolesar, M. B., & Galbraith, R. W,(2000) A Services-Marketing Perspective On E-Retailing: Implications For E-Retailers And Directions For Further Research 10(5), 424-438 : Internet Research





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-12
  1. Hubungan Antara Subjective Well-being Dengan Semangat Kerja Pada Pegawai Negeri Sipil Tingkat Kecamatan Di Surabaya
  2. Proses Membangun Personal Brand Pada Praktisi Industri Kreatif
  3. Hubungan Tipe Kepribadian Big Five (big Five Personality) Dengan Intensi Pembelian Secara Online Pada Pengguna Online Shop
  4. Hubungan Keterikatan Kerja Dengan Kinerja Pada Karyawan Hotel Surabaya Plaza
  5. Pengaruh Self Efficacy, Individual Creativity, Dan Group Efficacy Terhadap Team Creative Confidence Pada Band Indie Di Surabaya
  6. Hubungan Antara Iklim Organisasi Dengan Perilaku Kerja Inovatif Pada Karyawan Industri Kreatif
  7. Hubungan Antara Work-family Conflict Dan Big Five Personality Dengan Career Self-efficacy Pada Karyawan Bagian Operation And Maintenance Di Pt. Pembangkit Jawa-bali