Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi
ISSN 2301-7090
Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-12
Order : 4, and page :337 - 342
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan tipe kepribadian big five (big five personality) dengan intensi pembelian secara online pada pengguna online shop
Author :
- Astri Dita Nuriani*1
- Seger Handoyo*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan tipe kepribadian dengan intensi pembelian secara Online pada pengguna Online shop. Intensi pembelian secara Online merupakan pertimbangan subjektif apakah seseorang akan melakukan pembelian secara Online atau tidak. Kepribadian adalah karakteristik seseorang yang menyebabkan munculnya konsistensi perasaan, pemikiran, dan perilaku. Penelitian ini menggunakan pengklasifikasian tipe kepribadian berdasarkan Big Five Personality yaitu Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, dan Openness To Experience. Penelitian ini dilakukan pada pengguna internet khususnya yang pernah berbelanja Online, dengan sampel sebanyak 339 subyek. Teori intensi pembelian secara online yang digunakan merupakan translasi dari Wang dkk., (2006) yang terdiri dari 3 aitem; dan untuk tipe kepribadian Big Five Personality menggunakan translasi dari John dan Srivastava yang terdiri dari 44 aitem. Reliabilitas aitem tersebut telah diujicobakan terlebih dahulu kepada 50 orang pengguna internet dengan menggunakan jejaring sosial sebagai alat bantu penyebaran. Analisis data yang dilakukan dengan teknik Regresi Linear Berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis penelitian diperoleh nilai koefisien determinasi antara tipe kepribadian dengan intensi pembelian secara Online dengan melihat R Square sebesar 0,03. Hal ini menunjukan bahwa 3% variasi dari intensi pembelian secara Online dapat dijelaskan oleh tipe kepribadian. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa tipe kepribadian Openness To Experience memiliki hubungan yang signifikan terhadap intensi pembelian secara Online, sedangkan tipe kepribadian Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness dan Neuroticism tidak memberikan hubungan yang signifikan.
Keyword :
Intensi Pembelian, Online, Tipe Kepribadian, Big Five personality,
References :
Kolesar, M. B., & Galbraith, R. W,(2000) A Services-Marketing Perspective On E-Retailing: Implications For E-Retailers And Directions For Further Research 10(5), 424-438 : Internet Research
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-12 |
|