UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 7 / No. 4 / Published : 2018-12

Order : 3, and page :35 - 46

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh kepuasan pelanggan online dan price fairness perception terhadap loyalitas pelanggan online pada toko online

Author :

  1. Erwin Erianto*1
  2. Dewi Syarifah*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Studi pendahuluan penulis ditemukan bahwa pelanggan pada toko online tidak memiliki loyalitaspelanggan, yang seharusnya mampu dimunculkan oleh tiap toko online pada pembelian pertama.Penting bagi toko online untuk mendapatkan loyalitas pelanggan online untuk meningkatkan danmempertahankan pendapatan toko online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhkepuasan pelanggan online dan price fairness perception terhadap loyalitas pelanggan online pada tokoonline. Penelitian ini dilakukan pada 185 pelanggan e-commerce. Data diperoleh menggunakan metodesurvei dengan menggunakan skala kepuasan pelanggan online (Pham & Ahammad, 2017), skala pricefairness perception (Kimes & Writz, 2007 dalam Bassey, 2014), skala loyalitas pelanggan online(Srinivasan, Anderson, & Ponnavolu, 2002).Hasil analisis menyatakan ada pengaruh yang signifikanantara kepuasan pelanggan online dan price fairness perception terhadap loyalitas pelanggan online.Toko online harus mempertahankan kepuasan pelanggan online dan price fairness perception dengandapat memberikan model pembayaran yang paling terpercaya dan memberikan harga pembandingdalam toko online miliknya.

Keyword :

e-commerce, kepuasan pelanggan online, loyalitas pelanggan online, price fairness perception, toko online,


References :

Srinivasan, S. S., Anderson, R., & Ponnavolu, K. (2002). Customer loyalty in e-commerce: An exploration of its antecedents and consequences. Journal of Retailing, 78(1), 41–50. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(01)00065-3





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 4 / Pub. : 2018-12
  1. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Intensi Turnover Dengan Individual Corporate Entrepreneurship Sebagai Variabel Mediator Pada Karyawan Pt Smb
  2. Hubungan Antara Job Demands Dan Job Resources Dengan Workplace Incivility Behavior Pada Pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya
  3. Pengaruh Kepuasan Pelanggan Online Dan Price Fairness Perception Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Pada Toko Online
  4. Gambaran Self-perceived Employability Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Airlangga
  5. Hubungan Antara Organizational Justice Dengan Perilaku Produktif Pada Karyawan Bank X Kantor Cabang Bekasi
  6. Pengaruh Psychological Well-being Terhadap Employee Engagement Pada Anggota Aisec Surabaya Sebagai Non-governmental Organization
  7. Dinamika Psikologis Karyawan Yang Menjadi Target Workplace Ostracism