Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi
ISSN 2301-7090
Vol. 7 / No. 4 / Published : 2018-12
Order : 3, and page :35 - 46
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh kepuasan pelanggan online dan price fairness perception terhadap loyalitas pelanggan online pada toko online
Author :
- Erwin Erianto*1
- Dewi Syarifah*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Studi pendahuluan penulis ditemukan bahwa pelanggan pada toko online tidak memiliki loyalitaspelanggan, yang seharusnya mampu dimunculkan oleh tiap toko online pada pembelian pertama.Penting bagi toko online untuk mendapatkan loyalitas pelanggan online untuk meningkatkan danmempertahankan pendapatan toko online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhkepuasan pelanggan online dan price fairness perception terhadap loyalitas pelanggan online pada tokoonline. Penelitian ini dilakukan pada 185 pelanggan e-commerce. Data diperoleh menggunakan metodesurvei dengan menggunakan skala kepuasan pelanggan online (Pham & Ahammad, 2017), skala pricefairness perception (Kimes & Writz, 2007 dalam Bassey, 2014), skala loyalitas pelanggan online(Srinivasan, Anderson, & Ponnavolu, 2002).Hasil analisis menyatakan ada pengaruh yang signifikanantara kepuasan pelanggan online dan price fairness perception terhadap loyalitas pelanggan online.Toko online harus mempertahankan kepuasan pelanggan online dan price fairness perception dengandapat memberikan model pembayaran yang paling terpercaya dan memberikan harga pembandingdalam toko online miliknya.
Keyword :
e-commerce, kepuasan pelanggan online, loyalitas pelanggan online, price fairness perception, toko online,
References :
Srinivasan, S. S., Anderson, R., & Ponnavolu, K. (2002). Customer loyalty in e-commerce: An exploration of its antecedents and consequences. Journal of Retailing, 78(1), 41–50. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(01)00065-3
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 4 / Pub. : 2018-12 |
|