UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-08

Order : 2, and page :129 - 136

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Peran dukungan sosial terhadap pembentukan self esteem yang tinggi pada remaja tunanetra di sekolah khusus

Author :

  1. Pramesti P. Paramita*1
  2. Atik Khoiroh*2
  1. Dosen Fakultas Psikologi
  2. Mahasiswa Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial dalam pembentukan self esteem remaja tunanetra di sekolah khusus. Dukungan sosial yang dimaksud adalah dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan informasi, dan dukungan jaringan sosial. Sedangkan self esteem yang dimaksud adalah penilaian pribadi terhadap suatu perasaan berharga yang diekspresikan ke dalam sikap-sikap yang dipegang oleh individu (Coopersmith, 1967).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Penelitian ini dilakukan pada remaja tunanetra yang mempunyai self esteem yang tinggi dengan jumlah subyek 2 orang dengan sampel ekstrim agar data kaya akan informasi. Cara memperoleh subyek dilakukan dengan teknik purposive agar diperoleh data yang representatif sesuai tema penelitian.Penggalian data dilakukan dengan teknik wawancara dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisa dengan koding terhadap hasil transkrip wawancara yang telah dibuat verbatim dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dukungan sosial yang paling banyak diterima oleh remaja tunanetra di sekolah khusus adalah dari lingkungan sekolah. Kedua individu dalam penelitian ini menerima bentuk dukungan sosial yang sama kecuali bentuk dukungan jaringan sosial yang hanya diperoleh salah satu individu. Tidak semua dukungan sosial yang diterima dapat membentuk self esteem yang positif pada remaja tunanetra. Persepsi juga ikut mempengaruhi peran dukungan sosial terhadap pembentukan self esteem. Dukungan sosial yang dipersepsikan secara positif akan membentuk self esteem yang positif pada diri individu.

Keyword :

Dukungan Sosial, Pembentukan Self Esteem Yang Tinggi, Remaja Tunanetra, Sekolah Khusus,


References :

Humphrey, N.,(2004) The death of the feel-good factor? self esteem in the educational context. 25 (3), 347-357 : School Psychology International,





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-12
  1. Hubungan Antara Self-efficacy Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kecemasan Akademik Pada Siswa Program Sekolah Rsbi Di Surabaya
  2. Peran Dukungan Sosial Terhadap Pembentukan Self Esteem Yang Tinggi Pada Remaja Tunanetra Di Sekolah Khusus
  3. Hubungan Antara Kemandirian Dalam Melakukan Aktivitas Sehari-hari Dengan Kepuasan Hidup Pada Lanjut Usia Yang Mengalami Stroke
  4. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Subjective Well-being Pada Mahasiswa Baru Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (pens) Yang Kos
  5. Perbedaan Cinta (intimacy, Passion, Commitment) Ditinjau Dari Lamanya Usia Perkawinan Pada Istri Yang Bekerja
  6. Hubungan Antara Perceived Organizational Support Dengan Work-family Conflict Pada Wanita Karier Di Industri Perbankan Surabaya
  7. Perspektif Guru Terhadap Kemitraan Antara Sekolah, Guru Dan Masyarakat Di Sdn Inklusif Di Surabaya
  8. Hubungan Antara Job Insecurity Dengan Employee Engagement Pada Karyawan Tetap Di Lbb Ssc Surabaya