Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental
ISSN 2301-7082
Vol. 3 / No. 2 / Published : 2014-08
Order : 8, and page :105 - 112
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan antara disonansi kognitif dengan keterlibatan siswa dalam menempuh pendidikan formal di lembaga pemasyarakatan anak blitar
Author :
- Riris Meru Safitri*1
- Tino Leonardi*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara disonansi kognitif dengan keterlibatan siswa dalam menempuh pendidikan formal di lembaga pemasyarakatan anak Blitar. Disonansi Kognitif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah disonansi kognitif perpaduan teori antara Festinger (1957) dan juga Lee dan Kwon (2001). Keterlibatan siswa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keterlibatan siswa yang diungkapkan oleh Fredricks dkk (2004). Penelitian ini dilakukan pada 34 siswa tingkat SMP di lapas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alat pengumpul data menggunakan kuisioner yang disusun sendiri oleh penulis, berupa skala disonansi kognitif yang terdiri atas 25 aitem valid dan skala keterlibatan siswa yang terdiri dari 23 aitem valid. Realibilitas disonansi kognitif yaitu 0,816 dan realibilitas keterlibatan siswa adalah 0,885. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan teknik korelasi Spearman’s Rho dan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh taraf signifikansi 0,028 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara disonansi kognitif dengan keterlibatan siswa dalam menempuh pendidikan formal di lembaga pemasyarakatan anak blitar.
Keyword :
Disonansi kognitif, Keterlibatan siswa, siswa, lembaga pemasyarakatan,
References :
Harris,(2011) Secondary teachers’ conceptions of student engagement: Engagement in learning or in Schooling 27. pp. 376-386 : Journal of Teaching and Teacher Education
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 3 / No. : 2 / Pub. : 2014-08 |
|