Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial
ISSN 2301-7074
Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-09
Order : 5, and page :38 - 49
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan antara self-esteem dengan college adjustment pada mahasiswa baru fakultas psikologi universitas airlangga yang berasal dari luar kota surabaya
Author :
- Hanifah Sabila*1
- Listyati Setyo Palupi, S.Psi., M.DevPract, *2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kesulitan penyesuaian diri pada mahasiswa baru dapat menimbulkan dampak negatif, seperti performansi akademik yang buruk sehingga dapat mengakibatkan terhambatnya proses akademik mahasiswa. Namun, kondisi self-esteem yang dimiliki oleh mahasiswa dapat membantu proses penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self-esteem dengan penyesuaian diri mahasiswa baru di perguruan tinggi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa baru sarjana Fakultas Psikologi Universitas yang berasal dari luar Kota Surabaya dengan total responden 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey. Pengukuran self-esteem menggunakan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) dan Student Adjustment to College Questionnaire (SACQ) digunakan untuk mengukur seberapa baik mahasiswa baru dalam menyesuaikan diri di perguruan tinggi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non-parametrik dengan teknik uji korelasi Spearman’s rho. Hasil yang ada menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara self-esteem dengan penyesuaian diri mahasiswa baru di perguruan tinggi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,408 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Keyword :
Self-esteem, college adjustment, mahasiswa baru,
References :
Bettencourt, B. A., Charlton, K., Eubanks, J., & Kernahan, C.,(1999) Development of Collective Self- Esteem Among Students: Predicting Adjustment to College. 21.3.213-222 : Basic and Applied Social Psychology,
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-09 |
|