Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial
ISSN 2301-7074
Vol. 2 / No. 2 / Published : 2013-08
Order : 3, and page :64 - 70
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan pola asuh permissive-indulgent dengan kecerdasan emosional pada remaja awal
Author :
- Anindya Ayu Paramitha*1
- Duta Nurdibyanandaru*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pola asuh permissive-indulgent dengan kecerdasan emosional pada remaja awal. Kecerdasan emosional merujuk pada kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Pola asuh permissive-indulgent adalah suatu gaya pengasuhan dimana orangtua sangat terlibat dalam kehidupan anak-anak mereka dengan menetapkan sedikit batas atau kendali terhadap mereka. Penelitian ini mengacu pada teori Goleman tentang kecerdasan emosional dan teori Baumrind tentang pola asuh.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, jumlah subjek penelitian sebanyak 60 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner pola asuh dan kuesioner kecerdasan emosional. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson, dengan bantuan program statistik SPSS versi 15.0.Hasil penelitian dari data analisis korelasi Product Moment menunjukkan korelasi korelasi (r) sebesar 0,033 pada taraf signifikan 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh permissive-indulgent dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.
Keyword :
Kecerdasan emosional, Permissive-indulgen, Remaja awal.,
References :
Finkenauer, C, Engels, R.C.M, & Baumeister, R.F.,(2005) Parenting behavior and adolescent behavioural and emotional problems: the role of self-control. 29 (1) : International Journal of Behavioural Development
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 2 / No. : 2 / Pub. : 2013-08 |
|