UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Japanology

ISSN 2302-2876

Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-09

Order : 11, and page :107 - 115

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Sex ijime melalui sosial media dalam film intaanetto no mukou gawa

Author :

  1. Yovsi Ramadhani Dwi Nungkar Prativi*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya

Abstract :

Penelitian ini berfokus pada net ijime yang berkaitan dengan sex ijime. Sex ijime adalah ijime melalui internet yang berarti ijime yang fokusnya hanya pada hal-hal seperti penampilan seseorang, bagian tubuh, atau orientasi seksual. Menyebarkan gosip atau fitnah yang berhubungan dengan seksual dengan tujuan untuk menyakiti korbannya juga bisa disebut sex ijime.  ijime yang dilakukan melalui internet dengan maksud mengganggu, mengancam dan membuat malu orang lain (korban). Contoh dari bentuk sex ijime adalah memposting gambar orang lain dalam pose yang tidak senonoh dengan maksud mempermalukan, membuat ancaman lewat media sosial  dan mengirim e-mail atau teks yang bertujuan untuk menyakiti dan mempermalukan si penerima (korban). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk sex ijime yang direpresentasikan dalam film Intanetto no Mukou Gawa, sebuah film yang dibuat untuk mensosialisasikan bahaya netto ijime. Satu tokoh yang ada di film ini mengalami sex ijime dalam dan untuk menjelaskan bentuk sex ijime tersebut peneliti menggunakan pendekatan semiotik dari Pierce.

Keyword :

ijime, intanetto no mukou gawa, netto ijime, sex ijime, semiotika Pierce,


References :

Collier, Rohan,(1998) Pelecehan Seksual: Hubungan Dominasi Mayoritas dan Minoritas Yogyakarta : PT. Tiara Wacana Yogya

Coloroso, Barbara,(2007) Stop Bullying Jakarta : PT. Serambi Ilmu Semesta

Maryaeni,(2005) Metode Penelitian Kebudayaan Jakarta : PT. Bumi Aksara

Matsuura, Kenji,(2005) Kamus Jepang Indonesia Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sobur, Alex,(2004) Semiotika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-09
  1. Analisis Resepsi 12 Gamer Surabaya Terhadap Game Jepang
  2. Peran Perawat Dalam Mengatasi Permasalahan Lansia Di Panti Jompo Kojuen Kota Suita, Jepang
  3. Representasi Perilaku Otaku Dalam Anime Kami Nomi Zo Shiru Sekai
  4. Makna Dan Penggunaan Kanji性(sei) Dan 的 (teki) Yang Bermakna Karakter Manusia
  5. Proses Pembacaan Kembali (re-reading) Dan Reproduksi Budaya Visual-kei Yang Dilakukan Oleh Komunitas Gazerock Surabaya
  6. Wujud Neraka Dalam Jigoku Hen Karya Akutagawa Ryunosuke
  7. Analisis Perilaku Kecemburuan Anak Pada Karakter Mazakon Dalam Drama Risou No Musuko
  8. Struktur Dan Makna Gyaru Go Pada Shibuya Go Jiten ’09-‘10
  9. Robot Sebagai Pengganti Peran Keluarga Dalam Merawat Lansia Di Jepang
  10. Faktor–faktor Pendorong Terjadinya Kekerasan Terhadap Lansia Dalam Rumah Tangga Di Jepang Tahun 2006 – 2012
  11. Sex Ijime Melalui Sosial Media Dalam Film Intaanetto No Mukou Gawa