UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Politik Muda

ISSN 2302-8068

Vol. 7 / No. 1 / Published : 2019-11

Order : 3, and page :27 - 55

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Branding politik puti guntur soekarnoputri selama kampanye pemilihan gubernur jawa timur 2018 melalui media sosial instagram

Author :

  1. Alifia Djuhana Ariyanto*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Perkembangan internet dan media sosial memiliki peranan penting sebagai sarana untuk melakukan kampanye. Jenis penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan mengetahui dan menjelaskan branding politik yang berusaha ditampilkan Puti Guntur Soekarnoputri selama masa kampanye Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 di akun media sosial Instagram yang dimilikinya. Data diperoleh dari unggahan Instagram Puti, yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis konten kualitatif. Data juga didapat melalui metode wawancara dengan tim pendampingan Puti Guntur Soekarnoputri, serta data tambahan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa branding politik Puti adalah politisi perempuan muslin yang nasionalis. Branding tersebut kemudian tercermin di seluruh unggahannya di Instagram selama masa kampanye berlangsung. Selama masa kampanye, followers (pengikut) Puti mengalami peningkatan yang luar biasa. Peningkatan jumlah followers yang signifikan tidak berbanding lurus dengan hasil elektoral yang ada. Dengan demikian, popularitas kandidat di media sosial tidak dapat menjamin kemenangan elektoral.

Keyword :

political branding, kampanye, media sosial, Instagram,


References :

Lorann Downer,(2016) Political Branding Strategies: Campaigning and Governing in Australia Politics - : Palgrave Macmillan

Hsiu-Fang Hsieh & Sarah E. Shannon,(2005) Three Approaches to Qualitative Content Analysis Vol. 15, No. 9, Hal. 1277-1288 : Jurnal Qualitative Health Research

James E. Katz, dkk.,(2013) The Social Media President: Barack Obama and The Politics of Digital Engagement - : Palgrave Macmillan





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 1 / Pub. : 2019-11
  1. Posisi Politis Gerakan Pemuda Ansor Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur Tahun 2018
  2. Pengaruh Antara Identifikasi Kelompok, Identifikasi Partai Dan Kesesuaian Program Terhadap Preferensi Pengusaha Umkm Kecamatan Gedangan Di Pilgub Jatim Tahun 2018
  3. Branding Politik Puti Guntur Soekarnoputri Selama Kampanye Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 Melalui Media Sosial Instagram
  4. Strategi Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Menuntut Kenaikan Upah Minimum Kota Surabaya Tahun 2014-2015
  5. Ekonomi Politik Tembakau: Peran Pemerintah Terhadap Pertembakauan Di Kabupaten Jember
  6. Perluasan Isu Pekerja Oleh Fspmi Jawa Timur Dpc Sidoarjo Melalui Kampanye Perburuhan Dan Pemilu Legislatif
  7. Peran Partai Golongan Karya Dalam Pemenangan Khofifah-emil Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018
  8. Mobilisasi Politik Muslimat Jawa Timur Dalam Memenangkan Khofifah – Emil Di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018
  9. Politik Pendidikan: Respon Kebijakan Desentralisasi Dalam Penyelenggaraan Urusan Pendidikan Menengah Di Kota Surabaya
  10. Implementasi Program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh (rsdk) Di Kelurahan Ploso, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya