UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Politik Muda

ISSN 2302-8068

Vol. 7 / No. 2 / Published : 2019-11

Order : 1, and page :1 - 15

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Kinerja muslimat nu dalam strategi pemenangan pasangan khofifah-emil pada pemilihan gubernur jawa timur 2018

Author :

  1. Fatikh Fauzal Adhim*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini membahas tentang peranan kelompok ataupun organisasi masyarakat dalam strategi pemenangan Khofifah-Emil. Muslimat NU adalah salah satu organisasi yang terlibat secara aktif dalam mendukung dan memenangkan salah satu pasangan calon yakni Khofifah- Emil. Muslimat NU memiliki kekuatan yang besar seperti jumlah massa yang besar, solidaritas antar sesama anggota dan hubungan hierarkis dari tingkat atas hingga bawah yang terorganisir. Modal itulah yang bisa dimanfaatkan oleh pasangan calon kepala daerah agar memperoleh dukungan suara sebanyak-banyaknya. Penelitian kualitatif ini menjelaskan kemenangan Khofifah-Emil dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 ini tidak dapat dilepaskan dari keterkaitan dan keterlibatan Muslimat NU sebagai organisasi otonom NU yang mendukung Khofifah-Emil. Dukungan dan strategi politik tersebut secara komprehensif menjadi faktor penentu kemenangan. Seperti dengan memobilisasi massa, penguatan image dan citra politik, kampanye dengan media yang sudah ada dan terpola lewat majelis ta’lim, konsolidasi dengan kelompok non-muslimat, strategi menghadapi isu-isu kampanye negatif dan strategi pengawasan dan pengawalan suara. Hasil penelitian ini menjelaskan keseluruhan arah dukungan dan strategi Muslimat NU dalam memenangkan Khofifah-Emil sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih. Dengan modal dan pengaruh yang dimiliki Muslimat NU, Muslimat NU mampu memanfaatkannya sebagai suatu strategi pemenangan, dan hasilnya sangat efektif. 

Keyword :

strategi pemenangan, muslimat NU, dukungan, massa, kemenangan ,


References :

Ruddy Agusyanto,(2007) Jaringan Sosial dalam Organisasi - : Raja Grafindo Persada

Firmanzah,(2012) Marketing Politik Antara Pemahaman dan Realitas - : Yayasan Obor Indonesia

Johanis Kaloh,(2008) Demokrasi dan Kearifan Lokal pada Pilkada Langsung - : Kata Hasta

Prihatmoko dan Moessafa,(2008) Menang Pemilu di tengah Oligarki Partai - : Pustaka Pelajar





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 2 / Pub. : 2019-11
  1. Kinerja Muslimat Nu Dalam Strategi Pemenangan Pasangan Khofifah-emil Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018
  2. Gerakan Petani Desa Gaji Dalam Memperjuangkan Lahannya Yang Diklaim Pt. Semen Indonesia (persero) Tbk.
  3. Studi Strategi Mobilisasi Gerakan Menuntut Underpass Tol Pasuruan-probolinggo Oleh Petani Desa Klampok
  4. Peran Pemerintah Daerah Dalam Pembangunan Obyek Wisata Di Kota Batu: Studi Perspektif Kebijakan Perkotaan
  5. Peran Pemerintah Dalam Implementasi Kebijakan Lingkungan Di Kabupaten Sidoarjo
  6. Performa Kebijakan Dalam Revitalisasi Pasar Tradisional Terapung Muara Kuin Siring Kota Banjarmasin
  7. Politik Ekonomi Dalam Pembangunan Jalur Lingkar Luar Barat Kota Surabaya
  8. Komunikasi Politik Antara Calon Legislatif Pkb Dan Warga Nahdliyin Dalam Pemilihan Umum 2014: Studi Pada Dapil 1 Jawa Timur (surabaya-sidoarjo)
  9. Gerakan Sosial Dan Perubahan Kebijakan : Studi Kasus Gerakan Masyarakat Silo Dalam Pencabutan Izin Usaha Tambang Emas Di Jember
  10. Strategi Pemasaran Politik Pasangan Pasangan Khofifah Indar Parawansa–emil Elestianto Dardak Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018