Jurnal Politik Muda
ISSN 2302-8068
Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-01
Order : 2, and page :10 - 22
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Peran konsultan politik dalam pilkada strategi marketing politik polmark indonesia dalam memenangkan joko widodo-basuki tjahaja purnama pada pilkada provinsi dki jakarta 2012
Author :
- Indriani Puspitaningtyas*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan konsep marketing politik dalam Pilkada DKI Jakarta 2012 yang dilakukan oleh PolMark Indonesia selaku lembaga konsultan politik resmi dari Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif dimaksudkan untuk mengenal lebih dalam subyek yang diteliti dan mengetahui fenomena yang terjadi pada subyek penelitian. Sedangkan pendekatan deskriptif yang digunakan, dimaksudkan peneliti untuk mendeskripsikan makna yang didapat dari subyek penelitian. Dari temuan data didapatkan bahwa PolMark Indonesia belum mengoptimalkan fungsinya sebagai konsultan politik. Dimana ia seharusnya menjalankan proses marketing politik, yaitu segmentasi market, targetisasi pasar dan positioning. Serta pelaksanaan marketing politik yang terdiri dari push, pull dan pass marketing. Namun dalam hal ini PolMark Indonesia tidak ikut campur melakukan positioning Jokowi-Ahok. Salah satu aspek marketing politik andalan yang dilakukan PolMark Indonesia adalah membuatkan zona prioritas bagi kliennya agar langkah pemenangan yang dilakukan tim pemenangan bisa efisien dan efektif. Zona kekuatan prioritas itu terdiri dari 77 kecamatan yang merupakan hasil kategorisasi tujuh aspek target kampanye. Ternyata hal itu mempunyai impact terhadap kenaikan jumlah pemilih yang signifikan
Keyword :
konsultan politik, marketing politik, pemilihan kepala daerah,
References :
Firmanzah.,(2008) Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
Johnson, Dennis.,(2001) W. How Political Consultants are Reshaping American Democracy: No Place for Amateurs New York : Routledge
Taylor dan Bogdan dalam Suyanto dan Sutinah,(2005) Metodologi Penelitian Sosial dalam Berbagai Pendekatan Yogyakarta : Kencana
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-01 |
|