ISSN 2302-8068
Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-01
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Politik pencitraan : madinatul iman sebagai strategi pemenangan pasangan imdaad – rizal dalam pilkada kota balikpapan 2006
Author :
- Surya Putra*1
- Mahasiswa S 1 Ilmu Politik FISIP, Universitas Airlangga
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji tentang politik pencitraan yang dilakukan pasangan calon Imdaad – Rizal dalam pemilukada Balikpapan 2006, pasangan calon menggunakan produk politik “Balikpapan Madinatul Iman” sebagai pencitraan politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan di kota Balikpapan, Kalimantan Timur dengan berfokus pada strategi kemenangan pasangan calon Imdaad – Rizal. Penelitian ini mengambil data dari para aktor yang terlibat dalam pembentukan produk politik Madinatul Iman hingga proses pemasaran produk politik kepada pemilih. Hasil penelitian ini menunjukan alasan mengapa pasangan calon menggunakan konsep Madinatul Iman sebagai produk politik untuk dipasarkan kepada masyarakat yang merupakan target pemilih. Politik pencitraan digunakan oleh pasangan calon Imdaad – Rizal dengan menggunakan strategi marketing politik, dengan menggunakan marketing politik dapat dilihat instrument apa saja yang menjadi strategi pencitraan pasangan Imdaad – Rizal. Politik pencitraan “Madinatul Iman” digunakan oleh pasangan calon untuk menarik dukungan pemilih di Kota Balikpapan
ABSTRACT
This research are talking about strategy political image that done by candidate imdaad – rizal in the election of regional head Balikpapan 2006. The candidate using the political product “Balikpapan Madinatul Iman” as political image. This research using the cualitative metods that done in Balikpapan, East Borneo with focus in strategy candidate Imdaad – Rizal in election of regional. This Research takes data from the actor who involved in making political product Madinatul Iman to process political marketing to the elected. Result of this research show the reason why candidate using the Madinatul Iman concept as political product and demand to the people who target of election. The candidate Imaad – Rizal using the political image with the strategy marketing politics, with marketing politics you can see what the instrument become strategy political image candidate Imaad – Rizal. Political image “Madinatul Iman” using by candidate to attract community support and take the elected in Balikpapan city.
Keyword :
Marketing politik, , madinatul iman,
References :
Surbakti, Ramlan.,(2010) Memahami Ilmu Politik Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Denzin, Norman and Lincoln, Yvonna S.,(2009) Handbook of Qualitative Research Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Firmanzah. ,(2008) Marketing Politik : Antara Pemahaman dan Realitas Jakarta : Yayasan Penerbit Obor Indonesia.
Archive Article
Cover Media |
Content |
 Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-01 |
- Political Risk Pengaruhnya Keputusan Penanaman Modal Asing Di Jawa Timur
- Pelembagaan Partai Politik (studi Kasus: Proses Rekrutmen Calon Anggota Dprd Partai Demokrat Di Kota Surabaya Tahun 2009)
- Politik Ekonomi Generasi Muda Implementasi Kebijakan Gerakan Kewirausahaan Nasional Di Jawa Timur
- Warga Menggugat: Studi Kasus Gerakan Forum Komunikasi Warga Suci (fkws) Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik
- Bentuk Penananganan Kekerasan Perempuan Oleh Pemerintah Dan Relasinya Dengan P2tp2a Di Kabupaten Sidoarjo
- Csr Dalam Bingkai Neoliberalisme : Studi Kasus Perusahaan Job-ppej Di Desa Campurejo Kabupaten Bojonegoro
- Patronase Dalam Pencalonan Kepala Daerah (studi Kasus Patronase Pencalonan Ra. Imam – Din Zein Dalam Pilkada Bangkalan 2012)
- Peran Dpc Fkui Sbsi Dalam Memperjuangkan Hak Buruh Di Pt. Asian Profile Indosteel Surabaya Tahun 2011
- Opini Kiyai Madura : Rencana Pemekaran Wilayah Madura Menjadi Provinsi
- Gurita Neoliberalisme: Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Di Kota Surabaya
- Konflik Di Dpp Pkb (studi Tentang Ada Tidaknya Dampak Konflik Di Dpc Pkb Kota Kediri)
- Kiprah Perempuan Partai Keadilan Sejahtera Surabaya Dalam Dunia Politik Analisis Fenomena Subordinasi
- Peran Pemrintah Kota Surabaya Dalam Penanganan Anak Korban Trafficking
- Konflik Kepentingan Daerah: Studi Kasus Sengketa Perebutan Gunung Kelud Antara Pemerintah Kabupaten Kediri Dan Pemerintah Kabupaten Blitar
- Interaksi Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Implementasi Program Penanggulangan Gizi Buruk Di Kota Surabaya: Kajian Biopolitik
- Ekonomi Politik Pergulaan : Studi Tentang Regulasi Tata Niaga Gula Di Provinsi Jawa Timur
- Strategi Pemenangan Haryadi Suyuti – Imam Priyono Dalam Pemilihan Walikota Yogyakarta 2011
- Mutasi Aparatur Pemerintah Dan Kepentingan Politik : Studi Kasus Kabupaten Gresik Dua Tahun Kepemimpinan Sambari-qosim
- Pemikiran Politik Negara Dan Agama “ahmad Syafii Maarif”
- Desentralisasi Kebijakan Pendidikan (studi Tentang Pelaksanaan Wajib Belajar 12 Tahun Di Kota Surabaya Pada Tingkat Pendidikan Menengah Dan Kejuruan)
- Gerakan Kaum Buruh Melawan Eksploitasi ( Studi Kasus Buruh Pabrik Wahana Lentera Raya Memperjuangkan Hak Upah Dan Kontrak Kerja )
- Jejaring Kekuasaan Komunitas: Studi Kasus Eksistensi Pkl Non-resmi Di Jalan Tentara Genie Pelajar
- Implementasi Kebijakan Pemerintah Dalam Penanggulangan Lumpur Lapindo Sidoarjo
- Konflik Kepentingan Pt.kai Dengan Pemerintah Kota Dalam Kebijakan Pembangunan Jalan Layang Pasar Kembang Suarabaya Rizali Shobirin Azandi
- Politik Pencitraan : Madinatul Iman Sebagai Strategi Pemenangan Pasangan Imdaad – Rizal Dalam Pilkada Kota Balikpapan 2006
- Kesultanan Di Tengah Masyarakat Yang Pluralistik (studi Tentang Pemaknaan Masyarakat Terhadap Eksistensi Kesultanan Yogyakarta)
- Ekonomi Politik Pasar Musik Dan Kepentingan Kelompok Dibalik Kegagalan Konser Lady Gaga Di Indonesia 2012
- Pembangunan Wahana Ekspresi Pusponegoro (wep) Dan Makna Politiknya Bagi Bupati Kabupaten Gresik Sambari Halim Radianto
- Politik Prostitusi Kota Surabaya (studi Deskriptif: Eksistensi Dolly)
|