UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Politik Muda

ISSN 2302-8068

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-01

Order : 6, and page :62 - 72

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Politik ruang dan media reklame studi tentang usaha pemerintah kabupaten sidoarjo menciptakan tata kota dan reklame yang baik di kota sidoarjo

Author :

  1. Rendy Irsyad Pahlevi *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK  Dalam beberapa studi tentang perkotaan, perencanaan pembangunan dan pengelolaan tata ruang kota yang tidak baik dan tidak berkesinambungan akan membawa dampak yang buruk dan menciptakan potensi masalah dikemudian hari, seperti terganggunya estetika kota, tata ruang kota terganggu, terganggunya fungsi dan peran fasilitas publik dan lain sebagainya. Permasalahan itu semua dipicu oleh pertumbuhan ekonomi dan pembangunan tata ruang kota yang tidak seimbang. Belum lagi faktor dinamika politik di kota saat ini kian menghadirkan banyak fenomena tersendiri yang diantaranya mengarah pada hubungan antara pemerintah kota dengan non pemerintah dalam memenuhi tantangan ekonomi, politik, sosial, dan budaya serta berbagai respon terhadap perubahan dan pertumbuhan kota yang terjadi diperkotaan dewasa ini. Pembangunan media reklame dan masalah tata ruang kota adalah masalah yang paling sering dihadapi oleh pemerintah daerah. Studi ini memfokuskan pada alasan sebaran media reklame di kota serta bagaimana upaya pemerintah dalam pembenahan kebijakan tata ruang yang berkaitan dengan media reklame dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori tata ruang  dimana teori ini lebih memfokuskan pada isu posisi ruang sebagai ‘komiditi’, ruang dikonstruksi sedemikian rupa sebagai sarana pemikiran dan tindakan, yang koheren sifatnya dengan upaya kontrol dan dominasi. Sedangkan dalam pembenahannya perlu sinergitas antara pemerintah (pembuat dan pelaksana kebijakan), masyarakat dan serta pihak swasta pengusaha biro reklame. Berbagai kota di Indonesia pun mulai sadar dan menganggap serius tentang pengelolaan yang baik dalam hal media reklame. Terlebih, kota-kota industri, pariwisata dan kota besar yang mempunyai potensi dan kebutuhan promosi yang tinggi.   Kata Kunci : Politik Kota, Tata Ruang, Media Reklame.      ABSTRACT In some the study of urban, development plans and management city spatial that were not good and is not sustainable will bring the bad and create potential problems at a later date, as aesthetic disruption city, city spatial disturbed, disruption of function and role of facilities and others. The issue all triggered by economic growth and development city spatial flaw. Not to mention the political dynamics in the city are currently increasingly presenting many its own phenomenon of lead to the relationship between government town with ngos in fulfilling economic challenges, political, social, and culture and various response to change and the growth of what happened in urban today. The advertisement media and the city spatial is the most frequently faced by local governments. This study focused on reason to scatter media ads in the city and how the government efforts in the spatial planning pertaining to the media ads using the methodology descriptive qualitative. While the theory used is a theory spatial where this theory focused on the issues position space as ‘the commodity’, the space in construction such as a means of thought and action , a coherent compared with its control and domination. While in his the need to synergy between the government ( makers and implementing ) policy , the public and private business bureau ads. Many cities in indonesia was starting to wake up and consider serious about proper management in the media ads. Moreover, many industrial city, tourism and large cities have the potential of the promotion high.   Keywords: Political City , Spatial , Media Ads.

Keyword :

Politik Kota, , Tata Ruang, , Media Reklame.,


References :

Soegijoko Savitri Rayanti,(2005) bunga rampai pembangunan kota Indonesia dalam abad 21: pengalaman pembangunan perkotaan di Indonesia, - : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi

Dahl, Robert A. ,(1982) Dilema Demokrasi Pluralis. - : CV. Rajawali

Adisasmita Rahardjo,,(2012) Analisis Tata Ruang Pembangunan, - : Graha Ilmu





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-01
  1. Konflik Kepetingan Desa Adat Dalam Pemekaran Desa Pakraman Di Kabupaten Buleleng Bali
  2. Hegemoni Dan Kontra Hegemoni: Praktek Kekuasaan Sistem Ketenagakerjaan Dalam Industri Franchise Makanan Cepat Saji (fast Food) Di Kota Surabaya
  3. Komunikasi Politik Antara Calon Legislatif Pkb Dan Warga Nahdliyin Dalam Pemilihan Umum 2014: Studi Pada Dapil 1 Jawa Timur (surabaya-sidoarjo)
  4. Strategi Pemenangan Jokowi-jk Di Kabupaten Mojokerto Pada Pemilihan Presiden 2014 Studi Pada Relawan Gerakan Rakyat Pendukung Jokowi-jk Kabupaten Mojokerto
  5. Pola-pola Gerakan Komunitas Save Street Child Surabaya Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Pendidikan Anak Marginal Di Surabaya
  6. Politik Ruang Dan Media Reklame Studi Tentang Usaha Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Menciptakan Tata Kota Dan Reklame Yang Baik Di Kota Sidoarjo
  7. Faktor-faktor Keberhasilan Implementasi Kebijakan Minapolitan Dalam Menyejahterakan Nelayan Di Kota Medan
  8. Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Kota Surabaya (studi Deskriptif Tentang Kebijakan Pemerintah Kota Dalam Percepatan Pembangunan Kesehatan Melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional)
  9. Implementasi Kebijakan : (implementasi Kebijakan Peraturan Daerah (perda) No. 23 Tahun 2011 Kabupaten Bojonegoro Tentang Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah Dalam Pelaksanaan Eksplorasi Dan Ekploitasi Serta Pengolahan Minyak Dan Gas Bumi Di Perusahaan Exxonmobil Cepu Limited (emcl)
  10. Kaderisasi Gerakan Hizbut Tahrir Indonesia (hti) Pada Kalangan Mahasiswa Di Kampus Universitas Airlangga (unair)
  11. Dinamika Internal Legislatif Dalam Proses Kebijakan Jasmas Di Kota Surabaya
  12. Marketing Politik Fahira Idris Dalam Pencalonan Sebagai Dewan Perwakilan Daerah Dki Jakarta Periode 2014-2019